Manfaat Penting dari Pohon Ginseng Merah

657 views  -  author: Aroma Medan
pohon ginseng merah - aroma medan
5
(1)

Siapa yang tidak tau tentang Ginseng? salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat obat. Dalam bahasa latin Ginseng sendiri memiliki nama Panax, yang diambil dari bahasa Inggris dengan pembacaan mengikuti lafal Bahasa Kantonis. Banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bertujuan untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu pemulihan dari penyakit. Wilayah tumbuhnya tanaman ini sendiri berada di sekitar bumi utara seperti, Amerika Selatan, Korea, dan Siberia. Namun selain itu terdapat ginseng jenis lain yang tumbuh di lingkungan tropis dan dapat ditemukan di Vietnam, dengan nama latin Panax Vietnamensis.

Tentang Ginseng Merah

pohon ginseng merah - aroma medan

source: beritasatu.com

Selain jenis ginseng diatas, ada salah satu yang begitu populer dan memiliki khasiat sama banyaknya. Ginseng merah merupakan salah satu jenis ginseng yang tumbuh subur di wilayah Asia, lebih tepatnya negara Korea. Negara tersebut merupakan penghasil terbesar pohon ginseng merah, sehingga banyak negara lain yang mengimportnya langsung dari negara tersebut, makanya tidak mengherankan jika sebagian besar orang menyebut negara Korea sebagai negeri ginseng.

Manfaat Ginseng Merah

pohon ginseng merah - aroma medan

source: klikdokter.com

Ginseng merah sendiri memiliki kandungan yang lebih dibandingkan dengan ginseng jenis lain. Kandungan tersebut ialah ginsenoside, yang mana merupakan zat aktif utama yang terdapat pada ginseng. Pada penelitian yang telah dilakukan, ginsenoside memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon manusia. Sebab itu lah kandungan tersebut dapat membantu mengendalikan hormon dan menstabilkan kinerja saraf.

Pohon ginseng merah dari Korea selain baik untuk antikanker juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan kulit, menambah energi dan stamina

Efek Samping Ginseng Merah

dampak pohon ginseng merah

source: unsplash/towfiqu barbhuiya

Yang perlu diketahui adalah, bahwa ginseng merah memiliki rekomendasi dosis untuk dikonsumsi. Menurut Dr. Jusuf Kristianto, peneliti kesehatan Kementrian Kesehatan RI mengatakan bahwa “Dosis amannya 100-200mg dalam seminggu. Ini efeknya sudah sangat berasa kok. Kalau dalam kondisi sehat, biasanya orang-orang usia muda mengkonsumsinya untuk meningkatkan stamina tubuh. Sedangkan, pada usia lebih lanjut untuk meningkatkan metabolisme

Meskipun memiliki dampak yang positif dari pohon ginseng merah, ternyata dalam beberapa kasus adanya efek samping ketika konsumsi ginseng merah dengan dosis berlebih. Efek samping paling umum yang sering keluar adalah kesulitan dalam hal tidur. Selain itu ada beberapa efek lain yang muncul dalam beberapa kasus, seperti:

  1. Peningkatan denyut jantung
  2. Peningkatan tekanan darah
  3. Sakit kepala
  4. Diare
  5. Pusing
  6. Ruam

Dari beberapa dampak di atas, maka perlu diperhatikan untuk rekomendasi dosis yang disarankan ketika memakan pohon ginseng merah maupun buahnya, sehingga potensi untuk memunculkan efek samping akan berkurang.

Ginseng dalam Minuman Herbal

bird nest american ginseng aroma medan

Disamping itu ada minuman herbal yang merupakan kombinasi dari american ginseng dan sarang burung walet. Birdnest Drink merupakan minuman tersebut, dan diproduksi secara homemade oleh Aroma Medan yang merupakan cafe dengan produk tanpa bahan pengawet. Birdnest Drink sendiri memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, dikarenakan manfaat dari american ginseng dikombinasi dengan manfaat dari sarang burung walet, sehingga dalam satu botol birdnest mempunyai berbagai macam manfaat. Sobat Aroma bisa mendapatkannya di toko kami yang beralamat: Ruko Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk No.27.

Selain itu bisa memesannya secara langsung melalui aplikasi Aroma Medan (App Store dan Play Store) atau Grab Food, Go Food, dan Whatsapp. Jadi itulah manfaat yang bisa didapat dari tanaman ginseng, terutama pohon ginseng merah. Dari informasi di atas, Sobat Aroma tidak perlu khawatir dari manfaat dan efek samping dari pohon ginseng merah lagi.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini