Ternyata Ini Kandungan Buah Durian dan Manfaatnya yang Bisa Didapat!

119 views  -  author: Aroma Medan
Kandungan Buah Durian dan Manfaatnya
0
(0)

Buah durian sering disebut sebagai rajanya buah, dikarenakan ukurannya yang besar dan juga memiliki duri tajam. Banyak orang yang menyukai durian, karena rasanya yang begitu creamy, tetapi dibalik itu memiliki bau yang kurang sedap bagi beberapa orang.

Ada banyak jenis durian yang dikenal oleh masyarakat, seperti durian montong, durian petruk, durian bawor, durian musang king, durian bokor, durian tembaga, dan durian merah. Namun siapa sangka dari berbagai jenis buah yang ada, ternyata ini memiliki banyak kandungan dari  buah durian dan manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan yang Terdapat pada Satu Buah Durian

Kandungan Buah Durian dan Manfaatnya

source: unsplash/Gliezl Bancal

Serat

Pada buah Durian memiliki serat yang terbilang besar, sama halnya dengan sayur dan biji-bijian. Manfaat dari serat sendiri baik untuk peredaran darah, pencernaan, serta jantung. Maka dari itu jika memiliki masalah dalam pencernaan, pilihan memperbanyak konsumsi makanan berserat adalah solusinya.

Kalium

Salah satu penyakit yang timbul akibat kekurangan kalium adalah hipokalemia, adapun beberapa gejala hipokalemia antara lain mual, muntah, kram otot, dan jantung berdebar. Kalium sendiri terdapat, pada buah durian, setidaknya ada sekitar 436 mg kalium pada 1 buah durian, ini bisa dijadikan pilihan untuk menambah kalium dalam tubuh.

Karbohidrat

Buah durian merupakan sumber dari karbohidrat, kandungan ini terdapat pada buah durian dengan jumlah kurang lebih 150 kalori. Sehingga, buah durian bisa dijadikan pilihan untuk menambah energi, selain dari nasi.

Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk mengurangi radikal bebas selain itu menghambat proses oksidasi. Salah satu penyakit yang bisa ditangkal oleh antioksidan salah satunya adalah kanker.

Dari berbagai kandungan yang ada pada buah Durian, maka akan banyak juga manfaat yang tercipta. Beberapa manfaat berikut adalah yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi buah durian sesuai aturan, idealnya dalam sehari cukup 2-3 biji durian.

Manfaat Buah Durian

Kandungan Buah Durian dan Manfaatnya

source: pexels/Tom Fisk

Menurunkan Resiko Kanker

Seperti yang dijelaskan pada kandungan buah durian sebelumnya, buah ini mampu untuk melawan kanker karena salah satunya memiliki senyawa antioksidan, namun selain itu terdapat vitamin C, B, E, yang mana dapat menjaga tubuh dan menurunkan resiko terhadap penyakit kanker serta radikal bebas.

Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah didalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan sakit pada kepala. Sedangkan pada buah durian, terdapat sejumlah mineral yang banyak serta asam folat yang tinggi, sehingga mampu untuk membantu dalam mengatasi dan mencegah anemia.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan jumlah kematian terbanyak. Ada beberapa yang menyebabkan penyakit tersebut bisa muncul, salah satunya adalah kolesterol. Tingginya kolesterol dapat menyebabkan penumpukan lemak pada aliran darah, terutama pada pembuluh darah jantung yang akhirnya menyebabkan penyakit jantung koroner. Kandungan serat dalam durian mampu mengurangi kandungan kolesterol pada darah, karena terdapat organosulfur yang bisa mengurangi kadar kolesterol.

Menguatkan Tulang

Buah durian memiliki kandungan kalsium, kalium, dan vitamin B yang mampu untuk menyehatkan tulang. Penyakit seperti osteoporosis dan tulang rapuh merupakan dampak dari kekurangan kalsium. Karena itu, buah dan biji durian sangat cocok dikonsumsi karena kandungan tersebut yang mampu meningkatkan kesehatan tulang. Sehingga dampak baik jangka panjangnya yaitu mampu menyehatkan tulang.

Meningkatkan Imun Tubuh

Sama halnya dengan buah pada umumnya, buah durian juga memiliki keunggulan yang sama yaitu menjaga imun tubuh. Kandungan serat yang tinggi dan vitamin C adalah kombinasi untuk melawan penyakit seperti flu, melancarkan pencernaan, serta memperlancar aliran darah.

Kesimpulan

Jadi itulah kandungan buah durian dan manfaatnya, meski begitu Sobat Aroma harus tetap berhati-hati ketika mengkonsumsinya dikarenakan terdapat dosis yang dianjurkan. Idealnya orang dewasa hanya boleh mengkonsumsi 3 biji durian saja, lebih dari itu bisa berdampak kurang baik bagi tubuh. Utamanya lebih berhati-hati untuk penderita diabetes, buah durian memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kestabilan kadar gula darah. Untuk mendapatkan informasi dan produk Aroma Medan, bisa kunjungi website resmi Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini