Cara Mengolah Biji Durian dari Digoreng Hingga Direbus

169 views  -  author: Aroma Medan
5
(2)

Cara mengolah biji durian – Masih soal durian, selain daging buahnya yang dijadikan banyak produk olahan oleh sebagian orang, ada juga bagian dari durian yang masih bisa diolah yaitu kulit durian hingga bijinya. Kulit durian sendiri biasanya diolah menjadi beberapa produk seperti makaroni, keripik, kerupuk, hingga briket!

Itu kulit durian, untuk biji durian sendiri banyak yang bertanya-tanya tentang “apakah biji durian bisa diolah?” jawabannya bisa. Beberapa cara pengolahan biji durian yang populer adalah dengan cara digoreng yang nantinya akan seperti kacang goreng dan juga direbus yang sama halnya kacang rebus namun berukuran besar! enak kan?

Manfaat Biji Durian

JIka dilihat secara sekilas, biji durian sering dianggap limbah dikarenakan bagian durian yang tidak bisa dimakan. Namun bila Sobat Aroma pandai dalam mengolahnya, biji durian memiliki manfaat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Beberapa dari manfaat biji durian adalah sebagai berikut:

Cara Mengolah Biji Durian

source: kompasiana.com

1. Jaga Kesehatan Gigi

Selain Sobat Aroma harus menjaga kesehatan gigi seperti yang dianjurkan dokter dengan cara rutin menyikat gigi dan kumur-kumur menggunakan obat kumur antiseptik, konsumsi makanan manis secara tidak berlebih, sobat Aroma bisa mendapatkan manfaat kesehatan gigi dari biji durian!

Pasalnya biji durian ternyata memiliki nutrisi kalium, kalsium, dan vitamin B yang di mana sudah lama dipercaya sebagai nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga secara tidak langsung biji durian mampu untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Tidak hanya daging buah yang memiliki serat tinggi untuk membantu pencernaan dalam memenuhi kebutuhannya, biji durian juga ternyata memiliki hal yang sama. Kandungan serat dan B1 yang ada pada biji durian mampu untuk mengatasi masalah pencernaan jika dikonsumsi secara cukup, selain itu bisa menambah nafsu makan untuk sebagian orang.

3. Mengandung Minyak Esensial

Kandungan lemak yang terdapat pada biji durian ternyata sama bermanfaatnya. Menurut penelitian yang dikutip oleh hot.liputan6.com, bahwa lemak pada biji durian sama halnya dengan minyak ikan.

Cara Mengolah Biji Durian

Beberapa cara yang sering dilakukan untuk mengolah biji durian, diantaranya adalah dengan menggorengnya ataupun direbus. Cara pengolahan mana yang mudah untuk dilakukan? keduanya sama mudahnya dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara pengolahan biji durian:

Cara Mengolah Biji Durian

source: jybmedia.com

Menggoreng Biji Durian

  1. Pertama kupas dan bersihkan biji durian
  2. Selanjutnya rendam biji yang sudah dibersihkan dalam air asin.
  3. Iris bijinya menggunakan alat pengiris
  4. Biarkan selama satu atau dua jam.
  5. Kemudian goreng dengan api kecil
  6. Aduk penggorengan secara berkala
  7. Angkat keripik jika sudah terasa ringan dan renyah
  8. Tiriskan keripik
  9. Sajikan

Merebus Biji Durian

  1. Siapkan biji durian yang telah dipilah
  2. Cuci bersih biji durian hingga tidak terdapat kotoran
  3. Siapkan panci dan tuangkan air kedalamnya
  4. Masukan biji durian dan pastikan tenggelam atau tertutupi air secara menyeluruh
  5. Nyalakan api dan masak hingga empuk
  6. Setelah dirasa sudah empuk, biji durian bisa ditiriskan
  7. Sajikan

Berikut merupakan cara pengolahan biji durian yang di mana ternyata masih bisa dimanfaatkan menjadi cemilan. Masih banyak cara mengolah biji durian yang bisa Sobat Aroma coba.

Selain dari olahan di atas, ada olahan lainnya yang bisa Sobat Aroma dapatkan di Aroma Medan. Produk olahan durian dari Aroma Medan merupakan salah satu yang terbaik di Jakarta, karena dibuat dari bahan dasar durian premium.

Untuk mendapatkan informasi produk dari Aroma Medan seperti pancake durian, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.comdan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini