Busui Harus Tahu! Bolehkah Busui Makan Durian? Temukan Jawabannya Disini!

21 views  -  author: Adienda Al Gifani
Busui Harus Tahu! Bolehkah Busui Makan Durian? Temukan Jawabannya Disini!
0
(0)

Bolehkah busui makan durian – Buah Durian yang memiliki rasa unik dan otentik membuatnya populer di berbagai kalangan. Namun, bagi ibu menyusui (busui), konsumsi durian sering menimbulkan pertanyaan: Apakah aman untuk bayi?

Di artikel ini akan dibahas jawaban atas pertanyaan bolehkan busui makan durian. Yuk, simak bersama penjelasannya dibawah ini!

Bolehkah Busui Makan Durian

Source: Freepik

Mari mengenal durian lebih jauh sebelum menjawab boleh atau tidak busui makan durian. Sehingga kamu bisa mengetahui kandungan dan juga hal lain yang terdapat dalam durian.

Kandungan Nutrisi Durian

Durian kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah:

  • Vitamin C: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B6: Membantu dalam produksi serotonin yang mengatur suasana hati.
  • Kalium: Penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otot.
  • Serat: Baik untuk pencernaan.

Baca Juga: Para Ibu Menyusui Wajib Tahu! Ini Dia 4 Efek Samping Makan Durian Saat Menyusui

Manfaat dan Risiko Durian Bagi Busui

  • Manfaat: Durian dapat memberikan energi tambahan dan nutrisi penting yang dapat bermanfaat bagi ibu menyusui. Kandungan seratnya juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang umum terjadi pada busui.
  • Risiko: Durian mengandung kadar gula yang tinggi, yang bisa mempengaruhi kadar gula darah. Selain itu, aroma dan rasa kuat durian dapat menyebabkan perubahan rasa pada ASI yang mungkin tidak disukai oleh bayi.

Pengaruh Durian Terhadap ASI

Durian bisa mempengaruhi rasa dan aroma ASI. Beberapa bayi mungkin tidak menyukai perubahan ini dan menolak untuk menyusu. Selain itu, konsumsi durian secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada ibu yang juga bisa mempengaruhi produksi ASI.

Jadi, durian adalah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan umum dan dapat membantu ibu menyusui (busui) memenuhi kebutuhan gizi mereka. 

Namun, kandungan gula yang tinggi dalam durian dapat menjadi perhatian, terutama bagi ibu yang memiliki masalah dengan gula darah atau sedang berusaha menurunkan berat badan pasca melahirkan.

Tips Mengonsumsi Durian Bagi Busui

Source: Freepik

  • Konsultasi dengan Dokter: Sebelum mengonsumsi durian, sebaiknya busui berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
  • Porsi Terbatas: Jika mendapatkan izin untuk mengonsumsi durian, lakukan dengan porsi terbatas untuk melihat reaksi bayi terhadap ASI.
  • Perhatikan Reaksi Bayi: Pantau apakah bayi menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan atau alergi setelah busui makan durian.
  • Seimbang dengan Pola Makan Lain: Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi tetap seimbang.

Makan durian saat menyusui tidak sepenuhnya dilarang, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang wajar. Konsultasi dengan dokter adalah langkah terbaik untuk memastikan keamanan konsumsi durian bagi busui dan bayi. 

Dengan memperhatikan reaksi bayi dan menjaga pola makan yang seimbang, busui dapat menikmati durian tanpa mengorbankan kesehatan dirinya dan bayinya. Dan jangan lupa pantau terus informasi terupdate tentang durian di website Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini