Begini Cara Membuat Gula Batu Kristal dan Ketahui Manfaatnya

611 views  -  author: Aroma Medan
cara membuat gula kristal
0
(0)

Siapa yang tidak tau tentang gula batu? Gula yang memiliki keunikan dari bentuknya dan sifatnya yang begitu keras dibanding gula lain. Pembuatannya sendiri berasal dari proses kristalisasi. Meski sifatnya yang begitu keras, gula batu sering dipakai dalam campuran minuman seperti teh.

Gula batu adalah permen yang dibuat dari gula pasir, yang dikristalkan, melalui bantuan air yang dipanaskan hingga mencapai kondisi jenuh dan lalu menjadi dingin. -Wikipedia

Meski begitu, uniknya gula ini telah ada sejak abad ke 9 Masehi dan pertama kali dibuat di daerah Iran, sehingga bisa dibilang untuk gula batu sendiri sudah cukup lama. Tapi apakah Sobat Aroma tau cara membuat gula batu kristal dan manfaatnya? cek yuk seluk beluk informasi di bawah ini tentang gula batu.

Bahan Dasar Gula Batu

Cara Membuat Gula Batu Kristal - Bahan Dasar

source: pexels/Sergei Starostin

Bahan dasar untuk gula batu sendiri sebenarnya tidak terbatas karena dapat dibuat dari jenis gula apapun, misalkan dari gula tebu, gula pasir, ataupun gula merah. Yang terpenting adalah dari bahan dasar tersebut bisa dilakukan kristalisasi yang menghasilkan gula padat. Kebanyakan untuk gula batu yang beredar saat ini adalah terbuat dari gula pasir.

Proses Pembuatan Gula Batu

Cara Membuat Gula Batu Kristal - Proses Pembuatan

source: pexels/Mikhail Nilov

Dari bahan yang disebutkan diatas, semuanya bisa dijadikan gula batu. Begini cara membuat gula batu kristal, bahan gula batu dilarutkan menggunakan air, setelah itu dipanaskan hingga mencapai titik jenuh air dan akhirnya terbentuk kristalisasi ketika penurunan temperatur terjadi, maka terbuatlah gula batu. Jadi itulah cara membuat gula batu kristal, memang tergolong mudah dalam pembuatannya.

Manfaat Gula Batu

Cara Membuat Gula Batu Kristal - Manfaat Gula Batu

source: pexels/Mikhail Nilov

Sebelumnya merupakan cara membuat gula batu kristal, lalu bagaimana dengan manfaatnya? Secara umum, ada beberapa manfaat jika mengkonsumsi gula batu secara cukup. Seperti mengobati pilek dan batuk biasa, meningkatkan energi yang ada dalam tubuh secara cepat, meningkatkan kadar hemoglobin, dan juga menghentikan mimisan. Masih banyak manfaat yang terdapat, namun di samping itu juga terdapat dampak lain jika mengkonsumsi pada kondisi tertentu atau berlebihan.

Baca Juga: Tidak Hanya Churros, Berikut Macam-Macam Choux Paste Lainnya

Aturan Konsumsi Gula Batu

Cara Membuat Gula Batu Kristal - Aturan Konsumsi

source: pexels/Polina Tankilevitch

Gula batu aman dikonsumsi pada batas tertentu. Idealnya menurut Kementrian Kesehatan RI, batas untuk mengkonsumsi gula batu yang aman adalah sekitar 50 gram per harinya, jika dikonversi pada takaran sehari-hari adalah sekitar empat sendok makan setiap harinya. Lebih dari itu, bisa berpotensi mendatangkan penyakit seperti diabetes atau obesitas. Ini menjadi perhatian utama pada orang yang memiliki turunan riwayat penyakit diabetes atau penyandang diabetes, karena sama seperti pada gula pada umumnya yang memiliki pengaruh pada gula darah.

Kandungan Kalori pada Gula Batu

Cara Membuat Gula Batu Kristal - Kandungan Kalori

source: pexels/Evgeniy Alekseyev

Jika dilihat pada kalorinya sendiri, gula batu memiliki kandungan kalori yang hampir sama dengan gula aren atau gula putih, sekitar 300 kkal/100 gram gula atau 300 kkal pada 2 sendok makan.

Jadi itulah cara membuat gula batu kristal, selain itu juga dampak dari gula batu sendiri bisa diperhatikan, sehingga mampu menjadikannya batas aman ketika mengkonsumsi gula batu.

Aroma Medan memiliki minuman sehat yang terbuat dari campuran gula batu, yang pastinya memiliki dampak baik. Bird Nest Drink Rock Sugar Pandan adalah campuran dari gula batu dan minuman dari sarang burung walet yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan.

Selain informasi cara membuat gula batu kristal ini, kunjungi juga website resmi kami untuk mendapatkan informasi terbaru produk Aroma Medan

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini