Tidak Hanya Churros, Berikut Macam-Macam Choux Paste Lainnya

635 views  -  author: Aroma Medan
5
(1)

Macam-Macam Choux Paste – Jika pernah merasakan choux, maka akan teringat campuran rasa dari kue tersebut yang mampu memanjakan lidah. Ternyata jika ditelusuri, awalnya hidangan tersebut datang dari Prancis. Maka tidak heran jika rasa dari makanan tersebut begitu enak, mengingat berbagai makanan dari negara Perancis terutama dessert nya tidak bisa diragukan untuk rasanya.

Dalam bahasa Perancis choux memiliki arti ‘pasta kubis’ dari kata Pâte à choux. Karena telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia, maka sebutannya pun berubah. Dalam bahasa kita sering menyebutnya sebagai kue sus. Hidangan cuci mulut ini ternyata memiliki banyak varian dan juga kombinasi, mungkin Sobat Aroma bisa lebih mengenalnya. Berikut macam-macam choux paste yang perlu diketahui.

Chouquettes

Macam-macam choux paste - Chouquettes

source: eatlittlebird.com

Chouquette merupakan salah satu jenis dari choux pastry yang mana memiliki bentuk yang kecil, bulat dan berongga. Kue kering ini banyak ditemukan di daerah eropa dan salah satunya adalah Prancis. Pada perkembangannya, resep dari kue chouquette memiliki banyak perkembangan, sedari ditemukannya sekitar tahun 1540. Di Eropa, kue ini sering dijadikan sebagai menu sarapan dan juga cemilan. Jika dilihat dari bahannya, hampir sama dengan kue pastry pada umumnya yaitu susu, mentega, air, tepung, dan telur. Sehingga dari sisi pembuatannya tidak terlalu berbeda dari kue pastry pada umumnya.

Cream Puffs

Macam-macam choux paste - Cream Puff

source: cookpad.com/Dilla Wahab

Macam-macam choux paste lainnya adalah Cream Puffs yang merupakan Choux populer di Jepang, namun saat ini juga di Indonesia mulai populer juga. Kue ini memiliki kombinasi rasa yang berasal dari puff dengan dominan gurih dan rasa creamy yang berasal dari cream. Bahan dari kue ini adalah susu cair, Air, Mentega, tepung terigu, gula, garam, dan telur.

Eclairs

Macam-macam choux paste - Eclair

source: princesspinkygirl.com

Éclair merupakan jenis kue choux yang memiliki bentuk memanjang dengan isian aneka vla yang dicelup pada coklat. Karena masih satu keluarga dengan choux maka adonannya sendiri memiliki kesamaan. Kue yang berasal dari Prancis ini mulai dikenal pada abad ke 19, setelah itu karena semakin terkenal, maka perlahan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Terdapat topping pada kue ini, seperti chocolate glaze dan lainnya. Ini masuk kedalam macam-macam choux paste terbaik.

Baca Juga: Bukan Hanya Tekstur, Ini Ternyata Perbedaan dari Choux dan Éclair

Profiterole

Macam-macam choux paste - profiteroles

bbc.co.uk

Profiterole merupakan salah satu jenis choux dari Prancis, namun untuk isian ini sedikit berbeda dikarenakan berisi es krim atau krim kocok. Profiterole pada umumnya diberi gula bubuk, crumble, atau saus cokelat. Selain terdapat menu manis untuk kue profiterole, ada juga yang memiliki rasa asin. Biasanya untuk rasa tersebut diisi dengan daging dan keju. Jika ingin membuat profitrole, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah air, mentega, gula, garam, tepung, dan garam.

Paris-Brest

Macam-macam choux paste - Paris-Brest

source: commons.wikimedia.org

Macam-macam choux paste selanjutnya adalah Paris-Brest yang merupakan salah satu varian dari choux, yang memiliki bentuk lingkaran. Sejarahnya, bentuk dari kue ini terinspirasi dari roda sepeda, yang mana waktu itu di Prancis terdapat gelaran acara balap sepeda tahunan yang sering disebut ‘Tour de France’. Chef disana berinisiatif memeriahkan acara tersebut dengan membuat choux tersebut. Bahan untuk kue ini adalah air, margarin, tepung terigu, telur, whipping cream, susu, buah, dan coklat.

Saint-Honor

Macam-macam choux paste - Saint Honore

source: growlermag.com

Karena Prancis memiliki banyak varian choux, maka kemungkinan untuk menggabung dengan kue serupa adalah kemungkinan. Saint honor adalah salah satu dari kemungkinan tersebut, karena terbuat dari gabungan choux paste dengan puff pastry. Susunannya sendiri adalah choux paste ditempatkan diatas puff pastry. Sisanya, adalah menambahkan bahan-bahan seperti topping dan whipped cream.

Croquembouche

Macam-macam choux paste - Croquembouche

source: foodandwinnie.com

Sama seperti kue lainnya yang berasal dari Prancis, Croquembouche merupakan makanan yang memiliki nuansa manis. Sebelum terkenal hingga sekarang, menu ini awalnya tercipta oleh Antonin Carême, yang mana seorang koki dari Prancis dengan publikasi resep pada tahun 1815. Gabungan berbagai macam choux ini disajikan secara vertikal, sehingga mirip seperti gunung dengan topping karamel.

Jadi itulah macam-macam choux paste, memang seluruh dari menu tersebut berasal dari Perancis karena di sana merupakan surganya makanan manis terutama choux. Jangankan menggoda dari sisi rasa, dari tampilannya pun memiliki kesan yang sama. Sobat Aroma tidak perlu bingung jika ingin mencicipi choux, karena di Aroma Medan terdapat macam-macam choux yang bisa Sobat Aroma cicipi. Selain itu ada layanan pesan antar secara gratis untuk daerah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok.

Untuk mendapatkan seluruh informasi dan pembelian mengenai produk Aroma Medan, bisa kunjungi website resmi kami Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini