Bukan Hanya Tekstur, Ini Ternyata Perbedaan dari Choux dan Éclair

87 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
5
(1)

Perbedaan choux dan éclair – Saat ini informasi tentang dessert sudah begitu banyak, terutama yang membahas éclair. Tapi apakah Sobat Aroma sudah tau tentang perbedaan choux dan éclair? Meskipun kedua dessert tersebut berasal dari eropa dan lebih tepatnya adalah Perancis, namun ternyata terdapat perbedaan dari kedua makanan tersebut.

Memang pada kenyataan kedua makanan itu memiliki bahan yang sama, seperti telur, terigu, margarin, gula, dan garam. Tetapi dari sisi lainnya terdapat perbedaan yang mudah terlihat seperti untuk kue sus atau choux yang memiliki bentuk yang bulat, sedangkan untuk éclair memiliki bentuk memanjang. Éclair sendiri memiliki variasi yang populer yaitu chocolate éclair, yang dimana terdapat lapisan pondan coklat serta diisi dengan custard.

Sejarah Choux dan Éclair

Choux dan éclair merupakan kue yang sama-sama berasal dari Perancis, ada beberapa sumber yang mengatakan terkait sejarah keduanya, namun memiliki inti yang sama yaitu kedua kue tersebut hadir sebelum abad 20-an. Choux sendiri diprediksi muncul pada abad ke-15, sedangkan éclair muncul beberapa abad setelah itu, sehingga dimungkinkan bahwa éclair merupakan turunan dari choux dengan versi yang berbeda.

choux dan éclair

source: unsplash/Razvan Mirel

Lebih jelasnya untuk éclair sendiri hadir di abad ke-19. Kata éclair muncul sekitar tahun 1860-an di Perancis, yang di mana awalnya digunakan untuk mendeskripsikan kue Petite Duchesse. Chef yang memberi nama tersebut ialah Antonin Careme, yang dimana merupakan seorang koki dengan pengalamannya menciptakan kue ringan seperti Charlotte dan Napoleon.

Perbedaan Bentuk Serta Tekstur Choux dan Éclair

Seperti disebutkan di awal, hal yang paling mudah dibedakan antara choux dan éclair ialah dari sisi bentuknya. Kue choux memiliki bentuk seperti bunga kol atau mawar, bulat dan berongga. Éclair sendiri memiliki bentuk yang memang beda dibandingkan dengan choux, tidak menyerupai bunga, tetapi lebih ke persegi panjang yang kira-kira memiliki panjang sekitar 7 sampai dengan 10 cm.

choux dan éclair

source: unsplash/Massimo Adami

Tekstur yang dimiliki oleh kedua kue tersebut sama-sama memiliki rongga, namun karena memiliki bentuk yang berbeda, maka rongga yang terdapat pada keduanya memiliki perbedaan dari sisi kepadatan. Choux sendiri memiliki rongga yang terbilang cukup besar dibandingkan dengan éclair, dikarenakan bentuknya yang bulat. Sedangkan éclair sendiri memiliki rongga yang tidak terlalu banyak, namun kepadatan pada éclair lebih tinggi dibanding dengan choux, sehingga kedua hal tersebut yang bisa dijadikan salah satu cara untuk membedakan antara choux dan éclair.

Penyebab kedua kue tersebut bisa memiliki rongga dikarenakan proses dari pemanasan yang terjadi di dalam oven, sehingga mampu mengubah kadar air menjadi uap yang terperangkap pada adonan dan akhirnya membentuk rongga seperti menggunakan pengembang.

Baca Juga: Tidak Hanya Churros, Berikut Macam-Macam Choux Paste Lainnya

Variasi Kreasi Choux dan Éclair

choux dan éclair

source: unsplash/Razvan Mirel

Banyak variasi dari kedua kue tersebut, karena memang sudah terkenal ke berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Jika membandingkan variasi kedua kue tersebut, maka bisa dibilang lebih banyak pada éclair dibandingkan dengan choux. Dari sisi bentuk, éclair lebih mudah ditambahkan berbagai kreasi, seperti toping pada permukaannya maupun lelehan coklat. Di samping itu untuk choux sendiri biasanya diberikan kreasi berupa vla atau custard di dalamnya, namun jika Sobat Aroma memiliki kreatifitas yang tinggi maka bisa mengkreasikan kedua kue tersebut menjadi lebih menarik.

Jadi itulah beberapa yang membedakan antara choux dan éclair, memang untuk bahan pembuatan keduanya sama sehingga rasanya hampir mirip. Namun untuk bentuk dan kreasi, memiliki perbedaan yang begitu banyak sehingga dari sana lah hal yang bisa dilihat untuk membedakan kedua kue tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lain seperti pancake durian, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini