5 Menu Buka Puasa Hits, Nomor Terakhir Jadi Favorit!

709 views  -  author: Aroma Medan
  • Trend
5 menu buka puasa hits Aroma Medan SS WebP
5
(1)

Buka puasa merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim yang berpuasa. Terkadang sebelum waktu berbuka tiba, kita sering menuliskan daftar menu makanan untuk berbuka. Scroll-scroll layanan makanan online menjadi kebiasaan umum yang tidak bisa dilewatkan.

Setiap orang punya seleranya masing-masing untuk menu buka puasa, dari banyaknya menu buka, berikut 5 menu buka puasa hits yang tidak bisa terlewatkan.

 

1. Menu Buka Puasa Takjil

menu buka puasa takjil Aroma Medan SS

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash.com

Takjil adalah kudapan untuk menu buka puasa yang banyak ditunggu. Takjil berasal dari kata arab yang berawal dari kata ajila yang berarti menyegarkan. Jadi, arti takjil sebenarnya bukanlah makanan, melainkan perintah untuk berbuka puasa. Di Indonesia sendiri takjil lebih populer dengan makanan manis, seperti kolak pisang, kurma, dan es campur.

Kolak Pisang

Seperti namanya, kolak pisang adalah olahan makanan manis berbahan utama buah pisang yang dimasak dengan campuran gula merah dan santan kelapa untuk kuahnya. Adapun pisang yang sering digunakan untuk kolak yaitu, Pisang Tanduk, Pisang Kepok, Pisang Nangka dan Pisang Raja.

Kolak pisang populer ketika memasuki bulan ramadhan dan dijadikan menu buka puasa, arena memang rasanya yang manis dari gula merah, sehingga nikmat sebagai bahan berbuka.

Kurma

Buah kurma menjadi makanan populer yang sering disajikan ketika puasa. Beberapa jenis kurma ini juga sudah cukup familiar khususnya di Indonesia untuk dijadikan menu berbuka, ada Kurma Sukari, Ajwa, Deglet Noor, Kurma Medjool, dan Kurma Lulu.

Es Campur

Selain dua makanan di atas, ada minuman yang populer dicari ketika puasa tiba, yaitu Es Campur. Ya, minuman ini sudah tidak asing lagi dan masih merupakan minuman khas Indonesia, di mana komposisi dari minuman itu memiliki rasa manis dan asam. Manis dari gula aren dan asamnya yang khas buah-buahan seperti tape. Di Indonesia cenderung memiliki beragam es campur tiap daerahnya, namun dari segi rasa dan bahan yang digunakan tidak jauh berbeda.

Gorengan

Makanan yang tidak asing lagi, dan disukai oleh banyak orang karena mudah ditemui serta harganya murah. Bahan utama dari gorengan sendiri adalah tepung terigu yang dicampur dengan sayuran, setelah semua nya dicampur, maka adonan tinggal digoreng beberapa menit, lalu dihidangkan saat hangat-hangatnya sambil ditemani dengan teh manis.

Bakso

Bakso merupakan hidangan yang enak juga untuk dijadikan bahan berbuka puasa. Umumnya baso memiliki bahan dari daging sapi dan digiling, setelah itu dicampur menggunakan tepung tapioka. Bakso sendiri memiliki banyak variasi, mulai dari Bakso Malang, Bakso Solo, Bakso Cuanki, dan jenis bakso lainnya.

Baca Juga: Bird Nest Drink Sebagai Ide Takjil Buka Puasa Terbaik

2. Hidangan Puasa Khas Rumahan

menu buka puasa rumahan Aroma Medan SS

Photo by Brian Fathurohman on Unsplash

Di samping menu berbuka yang kerap kita temui di pinggir jalan, ada beberapa menu buka puasa rumahan yang selalu menjadi primadona. Berikut adalah beberapa contoh menu olahan ayam.

Ayam Bakar

Siapa pecinta menu satu ini? Ayam bakar kerap digemari karena bumbunya yang khas, dengan rempah-rempah yang berlimpah. Di Indonesia sendiri ada beragam jenis ayam bakar, salah satunya adalah ayam bakar taliwang yang berasal dari Lombok.

Ayam Goreng Saus Tiram

Olahan ayam yang satu ini hampir sama dengan ayam goreng yang umum kita temui, tetapi untuk menu satu ini menggunakan saus tiram sebagai penambah rasa yang gurih.

 

3. Menu Sayur Kuah untuk Hidangan Puasa

menu sayur kuah Aroma Medan SS

Photo by Nancy on Unsplash

Sayur Lodeh

Sobat Aroma pasti sudah tidak asing dengan sayur lodeh, kan? Sayur khas Indonesia dengan santan sebagai bahan utama untuk kuahnya. Isian sayur lodeh juga cukup beragam, mulai dari jagung, labu, kacang panjang, dan lainnya. Kuah dari sayur lodeh di Indonesia juga ada beberapa jenis, diantaranya ada yang berwarna putih dari santan dan berwarna kuning kemerahan. Oh iya, untuk menu yang satu ini cocok banget dipadukan dengan ikan asin goreng. Kebayang nggak nikmatnya?

Sayur Nangka

Sayur yang berbahan dasar dari olahan nangka, biasanya masakan rumahan ini dimasak dengan daun kunyit.

Sayur Sop Ayam

Sayur sop ayam bukanlah makanan yang asing untuk kita. Di kala puasa dan tidak, sayur sop ayam kerap menjadi menu andalan di setiap keluarga, karena cara memasak yang mudah dan membutuhkan waktu yang singkat. Sayur sop ayam sendiri memiliki isian, seperti daging ayam, wortel, kentang, kol, dan sayuran lainnya yang bisa ditambahkan sesuai selera, serta kaldu ayam sebagai kuahnya. Kalau di keluarga kamu, isian apa yang wajib ada dalam menu ini?

 

4. Menu Buka Puasa Pedas

menu buka puasa pedas Aroma Medan SS

Photo by Hanna Balan on Unsplash

Ayam Geprek

Makanan yang lagi hits akhir-akhir ini. Makanan ayam goreng tepung dengan penyajian yaitu dipukul dan ditekan selanjutnya dicampur dengan sambal.

Ayam Rica-Rica

Menu ayam yang berasal dari Manado, yang kata rica berarti “pedas”. Cara mendapatkan rasa pedas yang nendang dari ayam ini adalah dari bumbu utama menu seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah dan putih serta garam dan gula, dicampur daun nipis.

Tumis Cumi Pedas

Sajian seafood yang memberikan kesan spesial. Cumi yang digunakan pada sajian ini adalah cumi laut segar. Perpaduan bumbu pedas seperti cabai merah dan daun jeruk membuat sajian ini memberi aroma dan rasa pedas yang cukup kuat.

 

5. Menu Buka Puasa Kekinian

pancake durian aroma medan

Tiap tahunnya selalu ada menu buka puasa kekinian, contohnya hidangan yang dominan rasa asin, masam, atau manis. Dari sekian banyaknya menu buka puasa kekinian, ada menu yang tergolong sehat dikonsumsi ketika berbuka puasa. Menu berbahan dasar buah merupakan salah satu rekomendasi untuk berbuka.

Alasan lain mengapa berbuka perlu buah-buahan adalah karena tubuh mengalami perubahan ketika puasa, karenanya diperlukan makanan yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Selain kurma sebagai rekomendasi berbuka puasa, ada buah durian juga yang bisa dikonsumsi ketika berbuka. Manfaat buah durian sendiri begitu besar seperti, vitamin C, vitamin B6, kalium, juga tiamin.

Mengingat puasa menguras tenaga dalam tubuh dengan jumlah berlebih, maka buah durian sendiri juga memiliki beberapa manfaat yang bagus lainnya , seperti mampu meningkatkan energi, dll Tetapi karena buah durian kurang baik dikonsumsi secara langsung ketika berbuka, maka bisa menjadi halangan bagi para pecinta durian untuk menikmatinya.

Tetapi tidak usah khawatir, ada alternatif dari kendala tersebut. Pancake durian bisa menjadi pilihan, karena selain terbuat dari buah durian asli, pancake juga bisa dimakan ketika berbuka puasa dengan rasa dan kandungan yang masih sama. Pancake Durian Aroma Medan bisa menjadi pilihan bagi penikmat durian yang menginginkan rasa terbaik durian ketika berbuka puasa. Rasa pancake duriannya yang nikmat dan dikemas secara premium, karena pembuatannya yang fresh homemade setiap hari dan dibuat tanpa bahan pengawet apapun menjadikan aromanya yang khas.

pancake durian premium Aroma Medan SS

dokumen pribadi

Rasa pancake duriannya yang nikmat dan dikemas secara premium, karena pembuata Pancake yang fresh homemade setiap hari dan dibuat tanpa bahan pengawet apapun menjadikan aromanya yang khas. Warna pancake duriannya yang cerah dan segar di mata karena dibuat dari kuning telur omega. Jika yang belum tahu, telur omega dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus sehingga mengandung lebih banyak omega 3.

Baca Juga: Butuh Menu Buka Puasa yang Segar untuk Berbuka? Es Krim Durian dan Coconut Bisa Jadi Pilihan!

Misalnya minyak alga laut atau minyak biji rami. Dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh sehingga pancake durian Aroma Medan lebih sehat untuk dikonsumsi, apalagi ketika berbuka puasa. Sesuai aturan di Indonesia bahwa makanan direkomendasikan memiliki sertifikat halal, pancake durian yang hits ini telah mendapat label halal.

Yang pasti pecinta durian wajib mencoba pancake dari durian kualitas premium Medan ini untuk menu buka puasa. Bukan hanya bahan yang premium, menggunakan tas khusus yang unik, sehingga cocok untuk dijadikan hadiah berbuka puasa untuk keluarga atau kerabat. Ada pepatah “Berbuka lah dengan yang manis”, merupakan suatu saran baik untuk kamu yang sedang berpuasa karena makanan manis bisa meningkatkan energi secara cepat.

Jadi itulah daftar menu buka puasa yang wajib kamu coba ketika di bulan ramadhan. Nah, bagi kamu penikmat durian, jadi kapan mau coba Pancake Durian Aroma Medan dengan kualitas durian premium? Jangan lewatkan promo untuk pembelian dengan cara mengunduh aplikasi Aroma Medan di App Store maupun di Play Store dan dapatkan potongan harga Rp. 25.000,- 

Kunjungi website Aroma Medan untuk melihat produk terbaru.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini