Bolehkah Ibu Hamil Makan Pancake Durian? Cek Risiko dan Manfaatnya!

156 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
5
(1)

Bolehkah ibu hamil makan pancake durian – Di wilayah Asia Tenggara, buah durian sudah tidak asing lagi. Buah yang dianggap sebagai rajanya buah ini termasuk dalam buah yang nyentrik. Pasalnya, banyak sekali yang menyukainya karena rasa, tekstur, dan aromanya. Namun, ada juga yang tidak menyukai durian dikarenakan alasan yang sama. Terutama aromanya. Lalu, bolehkah ibu hamil makan pancake durian?

Pancake durian tidak benar-benar sama dengan durian. Pancake durian merupakan makanan olahan dari buah durian dan sudah dicampur dengan berbagai bahan. Namun, kandungan durian di dalamnya tetap banyak dan terasa begitu kuat. Bagi ibu hamil ini menjadi dilema. Terutama bila ibu hamil yang ngidam buah durian ataupun pancake durian. Semua pertanyaan tersebut akan dijabarkan dalam ulasan berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pancake Durian?

Seringkali, buah durian maupun berbagai olahannya tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah durian dianggap tabu bagi sebagian masyarakat bila dikonsumsi ibu hamil. Ini dikarenakan adanya anggapan bahwa buah durian dan berbagai macam olahannya akan menyebabkan perut si ibu panas dan berdampak buruk terhadap bayi di dalam kandungan.

source: Aroma Medan

Jadi, bolehkah ibu hamil makan pancake durian? Menurut pendapat dokter, dilansir dari Halodoc bahwa buah durian boleh dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

Jangan khawatir, ibu hamil tetap boleh kok makan durian. Durian bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil karena kandungan nutrisinya. Asam folat dalam durian berfungsi mencegah cacat lahir pada calon bayi. Serat yang ada pada durian juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang berisiko mengalami sembelit.
– halodoc.com

Termasuk pancake durian dan berbagai macam olahan durian lainnya. Diterangkan pula bahwa sebenarnya buah ini kaya akan manfaat dan baik bagi kesehatan ibu hamil. Kandungan asam folat di dalamnya dapat mencegah adanya kecacatan lahir pada calon bayi. Selain itu, serat pada buah durian juga bagus untuk ibu hamil yang sedang sembelit.

Manfaat Buah Durian

Berikut beberapa manfaat dari buah durian yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsinya. Baik dalam bentuk buah maupun dalam bentuk olahan, seperti pancake durian, es teler durian, dan sop durian.

source: Aroma Medan

1. Sumber Vitamin C

Ternyata, buah durian juga memiliki kandungan vitamin C. adanya kandungan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berguna baik bagi ibu hamil dan janinnya untuk penyerapan zat besi dan kalsium.

2. Kaya Akan Antioksidan

Adanya kandungan triptofan, seng, dan organo-sulfur membuat buah durian kaya akan antioksidan. Zat antioksidan ini sangat baik bagi ibu hamil dan bayinya di dalam kandungan sebagai penangkal radikal bebas dan polusi.

3. Sumber Mineral

Buah ini memiliki banyak kandungan mineral, seperti mangan, tembaga, magnesium, dan zat besi. Kandungan-kandungan ini sangat baik bagi ibu hamil karena dibutuhkan untuk peningkatan pasokan darah bagi bayi yang ada dalam kandungan.

4. Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Pasalnya, asam folat mampu mencegah kecacatan sejak lahir pada bayi. Dengan mengkonsumsi buah durian atau pancake durian sebanyak 100 gram setiap hari, Sobat Aroma juga ikut meningkatkan kebutuhan asam folat sebanyak 9%.

5. Sumber Vitamin B

Vitamin B juga bisa Sobat Aroma dapatkan dalam buah durian. Adanya niasin, thiamin, dan riboflavin sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungannya.

6. Kaya Akan Serat

Umumnya, banyak ibu hamil yang mengalami konstipasi atau sembelit. Ternyata hal ini bisa Sobat Aroma atasi dengan konsumsi buah durian dan pancake durian. Buah ini nantinya akan berfungsi sebagai pencahar yang alami dan dapat melenyapkan kandungan bahan kimia yang terdapat pada usus. Selain itu, selaput lendir Sobat Aroma juga bisa terjaga dengan baik karena serat dari buah tersebut.

7. Bebas dari Lemak Jenuh

Ternyata, buah yang satu ini bebas dari lemak jenuh atau bisa dikatakan tidak memiliki kolesterol di dalamnya. Selain itu, kandungan garam pada buah durian juga termasuk rendah, sehingga berguna dalam mengatur tekanan darah Sobat Aroma. Terutama bagi ibu hamil. Jadi, Sobat Aroma tidak perlu khawatir lagi bila ingin mengkonsumsinya.

8. Mampu Mencegah Keasaman

Kandungan antasid dalam buah durian mampu mencegah tingkat keasaman dalam tubuh.

9. Dapat Melawan Depresi

Buah durian ataupun pancake durian ternyata juga bisa membantu ibu hamil dalam melawan depresinya. Selain itu, depresi pasca melahirkan juga bisa Sobat Aroma atasi dengan konsumsi buah durian.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat dari buah durian dan aturan memakannya bagi ibu hamil. Jadi, pertanyaan tentang “bolehkah ibu hamil makan pancake durian?” jawabannya adalah boleh. Mengonsumsinya juga harus dalam batas wajar dan tidak berlebihan, sehingga bisa merasakan manfaatnya. Kandungan gula yang cukup tinggi menjadikan ibu hamil perlu membatasi dalam menyantapnya.

Pancake Durian Terenak

source: Aroma Medan

Ibu hamil yang mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, punya riwayat keluarga diabetes, dan mengalami obesitas tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Perlu diperhatikan juga untuk ibu hamil yang memasuki trimester ketiga tidak dianjurkan.

Untuk mendapatkan informasi lain seperti pancake durian, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.comdan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini