Cara Memasak Sarang Burung Walet Untuk Konsumsi!

1073 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
cara-memasak-sarang-burung-walet-untuk-konsumsi
5
(4)

Aroma Medan – Halo, Sobat Aroma! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi pengetahuan cara memasak sarang burung walet untuk konsumsi. Mungkin beberapa dari kamu masih binggung cara mengolah sarang burung walet. Maka dari itu, kami ingin memberikan kamu tutorial cara memasak sarang burung walet dengan peralatan rumah sederhana dan pastinya prosesnya sangat mudah.

Tanpa perlu panjang lebar, mari kita ulas saja ya isi artikelnya. Berikut adalah cara memasak sarang burung walet untuk konsumsi:

Cara Membersihkan Sarang Burung Walet

sarang-burung-walet

Sumber: freepik.com (2017)

Di setiap proses memasak, pasti harus diawali dengan membersihkan bahan makanannya terdahulu. Hal ini penting untuk dilakukan, biar bahan makanan yang kita konsumsi itu bersih dari bakteri dan kotoran, jadi bikin makanannya sehat.

Tetapi, cara membersihkan sarang burung walet itu tidak sama seperti kamu membersihkan sayur-sayuran maupun daging. Cara membersihkan sarang burung walet-nya adalah dengan memasukkannya kedalam mangkok, lalu tuang dengan air bersih sampai terendam utuh. Bukan air keran ya, gunakan air bersih yang biasa untuk diminum.

Namanya sarang burung, kalau masih mentah pasti ada bulu burung walet dan kotoran lainnya yang nyangkut di sarangnya. Nah, dengan merendam sarangnya dengan air bersih, selain bisa membuatnya lembut, juga bisa bikin kotoran tersebut lepas dari sarang. Dan jika masih ada kotoran yang nyangkut, kamu bisa menggunakan pinset untuk mencabut satu-satu sampai bersih. Ulangi merendam dan mengganti air sarang burung walet setidaknya 3 – 4 kali, lalu setelah itu kamu rendam lagi dengan air bersih sekitar 3 hingga 8 jam sampai sarang burung waletnya lembut dan siap untuk dimasak.

Cara Memasak Sarang Burung Walet

cara-mengolah-sarang-burung-walet

Sumber: freepik.com (2019)

Nah, setelah sarang burung walet sudah kamu bersihkan, saatnya kita segera memasaknya. Kamu bisa mengolah sarang burung walet jadi hidangan segar maupun hidangan yang hangat. Silahkan pilih sesuai selera, kamu ingin mengolahnya menjadi:

Sup Sarang Burung Walet

Sup sarang burung walet adalah resep sarang burung walet yang umum dikonsumsi, terutama oleh masyarakat Tionghoa. Ada banyak cara membuatnya, tetapi rata-rata sup sarang burung walet menggunakan kurma merah, dan gula batu. Biasanya, ada yang menambahkan jahe agar lebih hangat, dan santan biar lebih gurih. Tapi hal itu tergantung selera masing-masing. Berikut kami berikan resep sup sarang burung walet yang umumnya:

Bahan

  1. 6 buah sarang burung walet, direndam sekitar 5 jam
  2. 12 kurma merah, digeprek dan dibuang bijinya
  3. 100 gram gula batu

Cara Membuat

  1. Masukkan sarang burung walet, kurma, dan gula batu kedalam mangkok keramik tutup.
  2. Masukkan air panas 3 mangkok (1.125 ml) kedalam mangkok keramik tutup.
  3. Ambil panci, masukkan air panas.
  4. Masukkan mangkok keramik tutup yang berisi sarang burung walet dan bahan lainnya kedalam panci berisi air.
  5. Tutup pancinya lalu masak dengan api sedang kurang lebih 30 menit.
  6. Ambil mangkok keramik tutupnya, dan silahkan disantap selagi hangat.

 

Minuman Sarang Burung Walet

Kalau yang ini merupakan resep sarang burung walet yang segar. Kamu hanya butuh gula batu / gula pasir, sarang burung walet, dan es batu. Cara membuatnya juga sangat mudah, berikut adalah resepnya:

Bahan

  1. 2 buah sarang burung walet
  2. 35 gram gula batu / gula pasir atau sesuai selera
  3. 2000 ml air untuk merebus
  4. Es Batu

Cara Membuat

  1. Masukkan sarang burung walet kedalam mangkok, dan tuang air panas sampai terendam.
  2. Diamkan selama sekitar 8 jam sampai sarang burung walet melebar dan lembut.
  3. Buang air rendamannya, lalu masukkan air panas lagi kedalam sarang burung walet yang sudah lembut.
  4. Hancurkan sarang burung walet dengan garpu atau sendok.
  5. Buang airnya, lalu masukkan sarang burung walet yang telah hancur tersebut kedalam panci berisi 2000 ml air.
  6. Rebus dengan api sedang, masukkan gula batu / gula pasir, aduk sampai gulanya larut.
  7. Tuang kedalam gelas, dan masukkan es batu.
  8. Bisa juga dicampur biji selasih atau cincau (opsional).

 

Sarang burung walet jika diolah dengan benar, rasanya pasti sangat enak. Selain enak, sarang burung walet juga mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, loh. Kamu bisa membaca lebih lengkapnya tentang manfaat sarang burung walet disini: Manfaat Sarang Burung Walet: 7 Khasiat untuk Kesehatan & Kecantikan.

Oke deh, kami rasa topik tentang cara memasak sarang burung walet sudah cukup. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Aroma, ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman, kerabat, maupun keluarga kamu, Thank You!

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 4

Belum ada rating, segera rating artikel ini