Ini Ternyata Cara Mengolah Daun Pandan untuk Asam Urat

657 views  -  author: Aroma Medan
cara mengolah daun pandan untuk asam urat
5
(2)

Siapa yang tak tau tentang daun pandan? Dalam dunia kuliner, daun ini memiliki manfaat yang begitu banyak karena digunakan di berbagai olahan makanan. Tidak lain tujuan menambahkan daun tersebut adalah agar makanan menjadi lebih harum, selain itu kegunaan yang umum dipakai adalah sebagai pewarna makanan. Selain itu, banyak di luar sana yang mencari cara mengolah daun pandan untuk asam urat.

Ciri-ciri dari daun pandan sendiri adalah berwarna hijau, panjang, dan bagian pinggirnya begitu runcing dengan panjang kira-kira kurang lebih adalah 30-51 cm, karena tergantung jenisnya.

Pandan biasanya tumbuh di daerah dekat dengan sumber air, namun dapat tumbuh dalam kondisi kering. Tempat yang paling baik untuk daun pandan bisa tumbuh subur ialah di kawasan Asia, namun lebih populer di kawasan Asia Tenggara. Sebelum masuk ke cara mengolah daun pandan untuk asam urat, kita cari tau dulu yuk kandungan dari daun pandan.

Kandungan Dalam Daun Pandan

cara mengolah daun pandan untuk asam urat - aroma medan

source: pop.grid.id

Disamping kegunaanya untuk menambah kualitas makanan, daun pandan sendiri memiliki kandungan yang begitu banyak. Dikutip dari hallosehat.com, dalam daun pandan terdapat kandungan-kandungan berikut:

Kalori: 321 kkal
Protein: 2,2 gram
Karbohidrat: 78 gram
Serat: 3,5 gram
Vitamin A: 390 – 724 mikrogram
Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
Vitamin C: 2 miligram
Kalsium: 134 miligram
Fosfor: 108 miligram
Zat besi: 5,7 miligram

Penyakit yang Dapat Dicegah

cara mengolah daun pandan untuk asam urat, penyakit jantung - aroma medan

source: giulia bertelli on unsplash

Sehingga jika dilihat dari kandungannya menurut penelitian modern, daun pandan sendiri mampu untuk mencegah beberapa penyakit umum seperti:

1. Mengurangi nyeri artritis

Penyakit yang menyerang sendi, biasanya yang terjadi adalah peradangan. Efek yang terjadi ialah nyeri dan kaku pada bagian sendi yang penyebab utamanya adalah infeksi atau penyakit tertentu yang menyerang bagian sendi. Jika secara fisik, dapat terlihat bahwa penyakit ini menimbulkan pembengkakan dan ruam kemerahan pada kulit yang dekat dengan sendi.

2. Menetralkan racun

Kegunaan lain dari daun pandan yang jarang diketahui adalah fungsinya yang dapat menetralkan racun. Percaya atau tidak, daun ini mampu untuk melakukan detoksifikasi atau pelepasan racun yang tertinggal ketika dikonsumsi.

3. Pencegahan Penyakit Jantung

Penyebab utama dari penyakit jantung koroner adalah adanya penyempitan pada bagian arteri jantung, yang dimana berdampak pada penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Daun pandan sendiri memiliki karotenoid, yang mana dapat mengurangi resiko pengembangan penyakit aterosklerosis atau penumpukan zat pada bagian pembuluh darah.

Selain dari beberapa penyakit di atas, daun pandan juga bisa mengurangi penyakit asam urat. Karena daun pandan sendiri memiliki senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan menghambat xantin oksidase, sehingga menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Asal dan Olahan dari Kelapa Muda Thailand yang Harus Dicoba

Cara Mengolah Daun Pandan untuk Asam Urat

cara mengolah daun pandan untuk asam urat - aroma medan

source: tokopedia.com

Ada beberapa cara mengolah daun pandan untuk asam urat yang bisa dilakukan untuk mengolah daun pandan menjadi obat herbal mengatasi penyakit tersebut. Salah satu cara membuat ramuan dari daun pandan sebagai obat asam urat ialah:

  1. Pilihlah daun pandan yang cukup tua
  2. Cuci dan bersihkan daun pandan
  3. Potong-potong daun pandan
  4. Rebus air hingga mendidih
  5. Masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong
  6. Rebus hingga airnya tersisa sekitar 2 gelas
  7. Matikan kompor dan saring air daun pandan rebus sebelum diminum

Alangkah baiknya minum air rebusan ini 1 gelas 2 kali sehari sebelum makan, dan untuk yang sedang mengkonsumsi obat dokter bisa diberi jarak sekitar 2 jam setelah minum obat.

Itulah kegunaan dan cara mengolah daun pandan untuk asam urat. Jadi Sobat Aroma yang memiliki penyakit tersebut bisa memulai untuk mencoba terapi menggunakan olahan daun pandan untuk mengatasinya, atau Sobat Aroma punya cara mengolah daun pandan untuk asam urat lainnya? kalau punya bisa comment dibawah ya! Untuk mengetahui produk Aroma Medan terutama pancake durian bisa masuk ke website kami ya!

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini