Asal dan Olahan dari Kelapa Muda Thailand yang Harus Dicoba

661 views  -  author: Aroma Medan
kelapa muda thailand - aroma medan
5
(1)

Negara Thailand terutama daerah Bangkok memang memiliki daya tarik pada turis terutama pada wisata kulinernya. Makanan paling terkenal dari daerah tersebut adalah Tom Yam Goong dan juga Sticky Rice atau orang-orang sering mengartikannya sebagai ketan mangga. Namun apakah Sobat Aroma yakin, makanan Thailand yang enak hanya itu saja? Bayangkan jika berkesempatan mengunjungi negeri tersebut, tetapi cukup menikmati kedua makanan itu saja, mungkin terlalu disayangkan ya?

Ada satu makanan yang bisa masuk ke dalam list kamu untuk dicoba jika ada kesempatan mengunjungi negeri Gajah Putih dan ini selalu mampu menarik wisatawan asing berkunjung, yaitu kelapa muda Thailand yang sudah diolah menjadi es krim. Ini bisa Sobat Aroma temukan jika berkunjung ke pasar Chatucak, dimana dalam pasar tersebut terdapat souvenir dan juga jajanan khas daerah tersebut.

Es Krim Kelapa Muda Thailand

Puding Kelapa Thailand By Nesya, Tanah Merah - GoFood

source: go food

Es krim nya sendiri serupa dengan yang ada di Indonesia, hal membedakan adalah dalam penyajian yang tidak seperti pada umumnya. Bukan disajikan dalam roti maupun pada sebuah cone, tetapi es krim ini disajikan langsung di dalam batok kelapa. Apakah sudah cukup sampai disitu? Tentu saja tidak, karena ada tambahan lain berupa toping yang bisa dipilih, misalnya nata de coco, manisan mangga, kismis, meses, dan lain-lain.

Karena terbuat dari kelapa Thailand, rasa yang didapatkan pun lebih enak dibanding pada umumnya. Begitu lumer ketika es krim masuk ke dalam mulut, sehingga rasa segar bisa memenuhi rongga. Kelapa Thailand memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan kelapa lainnya.

Asal Buah Kelapa Muda Thailand

Paling Laris Bibit Kelapa Pandan Wangi Thailand (Asli) | Lazada Indonesia

source: lazada/jaya tani 1582446294

Sejarahnya, kelapa tersebut memang berasal dari dari Thailand, di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan nama kelapa pandan wangi dan pada daerah asalnya sering disebut sebagai Nam Hom yang berarti Air Wangi. Memang begitu faktanya, air kelapa Thailand memiliki aroma yang begitu harum serta daging buahnya memiliki tekstur lembut.

Keunikan Buah Kelapa Muda Thailand

Jual Bibit Tanaman Buah Kelapa Pandanwangi Thailand - Kota Batu - Putik Florist | Tokopedia

source: tokopedia/putik florist

Uniknya kelapa Thailand yaitu dari sisi umur, semakin tua kelapa maka kandungan air semakin banyak dengan daging buah tetap tipis, sehingga berbeda pada kelapa pada umumnya yang semakin tua maka dagingnya semakin tebal. Karena hal tersebut, kelapa Thailand sering dimanfaatkan air nya untuk bahan olahan.

Baca Juga: Ini Manfaat Goji Berry Hitam Yang Bukan Hanya Mencegah Penuaan

Manfaat Buah Kelapa Muda Thailand

Buah Kelapa Thailand sendiri memiliki banyak manfaat yang bisa didapat, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Menghilangkan dehidrasi
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Terapi anti penyakit batu ginjal
4. Baik utk pencernaan
5. Menurunkan berat badan karena air kelapa tidak mengandung lemak
6. Antioksidan
7. Mengontrol diabetes

Karena rasanya yang begitu unik, maka olahan buah kelapa Thailand juga menjadi unik dari sisi rasa. Di Indonesia sendiri masih jarang olahan makanan yang terbuat dari kelapa Thailand, apalagi es krim premium dari kelapa tersebut.

Es Krim Premium dari Buah Kelapa Muda Thailand

Salah satu cafe yang membuat olahan es krim dari kelapa Thailand adalah Aroma Medan. Selain memproduksi pancake durian dan es krim durian, Aroma Medan juga memproduksi es krim rasa kelapa yang dimana bahan dasarnya berasal dari kelapa Thailand.

Sudah pasti, rasa yang dihasilkan es krim tersebut begitu enak dan memiliki rasa gurih dari buah kelapa. Hal lain yang membuat es krim kelapa Aroma Medan begitu istimewa yaitu karena dibuat secara homemade sehingga lebih sehat karena tanpa bahan pengawet buatan yang kurang baik bagi tubuh.

Jadi jika Sobat Aroma belum sempat untuk mendatangi negara Gajah Putih atau lagi mager, maka bisa pesan es krim dari bahan kelapa Thailand tersebut di Aroma Medan yang terletak di Pantai Indah Kapuk. Selain itu cara lain memesan es krim kelapa Aroma Medan bisa melalui aplikasi (Play Store ataupun App Store) dan Whatsapp. Yang pasti Sobat Aroma harus coba sekarang sebelum jalan-jalan ke Thailand.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini