Sebaiknya Begini Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka

91 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
cara menyimpan durian kupas
5
(1)

Cara menyimpan durian yang sudah dibuka – Durian merupakan buah yang banyak digemari, meskipun buah tersebut memiliki aroma yang kurang sedap bagi sebagian orang. Ciri khas yang paling menonjol dari buah durian adalah kulitnya yang tebal dan berduri, meski begitu sangat berbeda dengan isinya yang memiliki tekstur lembut dan creamy. Terdapat banyak jenis durian di dunia ini, namun sebagian besar berada dan tumbuh di sekitaran Asia, khususnya Asia Tenggara. Dari beragam varian tersebut, yang membedakan adalah rasa, ketebalan daging, dan biji.

Berbeda dengan dulu yang kebanyakan dari kita perlu untuk mengupas buah durian secara mandiri, kini tidak perlu repot lagi karena sudah banyak yang menjual durian dalam bentuk kemasan. Kulit durian tersebut sudah dikupas dan dagingnya telah terpisah dari biji durian, sehingga hanya perlu langsung memakannya atau menyimpannya.

Dalam penyimpanannya sendiri diperlukan cara khusus, dikarenakan buah durian merupakan golongan buah yang di mana isinya mudah busuk jika sudah terpapar udara luar.

Hal yang Membuat Durian Membusuk

Secara alami, buah durian adalah penghasil alkohol pada dagingnya sehingga penyimpanan buah durian yang lama di udara terbuka dapat memicu proses pembentukan alkohol, ini merupakan salah satu proses pada durian sebelum membusuk.

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka

source: pexel/Karolina Grabowska

Ketika bersentuhan langsung dengan udara terbuka, gula pada daging durian akan secara alami melakukan fermentasi yang dimana selanjutnya akan menjadi alkohol. Jika masih berlanjut, proses tersebut akan mengubah kandungan alkohol menjadi kandungan cuka yang akhirnya buah menjadi membusuk. Itu sebabnya penting untuk menjaga buah durian agar tetap segar dengan menyimpannya di tempat yang tepat. Berikut cara menyimpan durian agar tahan lama.

Tempat yang Baik Menyimpan Durian Kupas

Karena yang menyebabkan durian cepat matang dan membusuk adalah suhu ruangan normal, maka diperlukan tempat yang lebih dingin untuk menjaga durian kupas memperlambat proses pembusukan. Salah satu cara yang bisa Sobat Aroma lakukan adalah dengan memasukan buah durian yang sudah dikupas ke dalam freezer, ini bisa menambah umur kesegaran buah durian kupas menjadi lebih lama dibandingkan dengan disimpan di udara terbuka.

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka di Kulkas

source: pexel/Max Vakhtbovych

Selain itu, sebaiknya sebelum memasukan durian pada freezer, Sobat Aroma harus memasukkannya pada wadah kedap udara yang bisa tertutup rapat. Hal tersebut dilakukan agar aroma durian tidak memenuhi seluruh freezer dan durian kupas tidak terkontaminasi langsung dengan udara freezer yang sudah tercampur makanan lain. Sebelum itu pastikan durian sudah dipisahkan antara daging dan bijinya, agar zat yang terdapat dalam biji tidak mengkontaminasi daging durian.

Untuk meminimalisir durian kupas bersentuhan dengan udara terbuka, sebaiknya tidak terlalu sering membawa durian kupas keluar masuk dari kulkas. Dikarenakan hal tersebut bisa menyebabkan seringnya buah bersentuhan langsung dengan udara luar. Itu merupakan cara menyimpan durian kupas yang aman.

Baca Juga: Durian Sudah Dibuka Tapi Belum Matang, Begini Cara Mematangkannya!

Jangka Waktu Jika Menyimpan Durian Tanpa Freezer

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka

source: unsplash/Jim Teo

Jika durian tidak disimpan pada freezer, pastikan durian kupas tersebut masih dalam keadaan setengah matang. Udara terbuka dapat mempercepat proses durian kupas menjadi matang. Jika ketika dibuka keadaan durian sudah matang, maka disarankan tidak lebih dari dua hari untuk menghabiskan durian tersebut, dikarenakan durian kupas akan lebih matang yang mendekati busuk dan hal itu mempengaruhi rasa dari durian. Sobat Aroma akan mendapatkan rasa yang kurang sedap bilamana menyimpan durian matang di udara terbuka dengan waktu lebih dari dua hari. Jadi cara menyimpan durian kupas tanpa kulkas memang sedikit berbeda dengan menggunakan kulkas, dan lebih baik dimakan langsung.

Jadi itulah cara menyimpan durian yang sudah dibuka. Alangkah baiknya jika menghabiskan durian setelah membukanya, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengemas durian dan menyimpannya dalam freezer.

Untuk mendapatkan informasi lain seperti pancake durian, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini