Pengertian Serta 5 Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa, Warna Salah Satunya!

52 views  -  author: Aroma Medan
telur omega aroma medan
5
(2)

Perbedaan telur omega dan telur biasa – Halo Sobat Aroma, sekarang sedang hangat-hangatnya pembicaraan tentang telur ayam ya? Namun tahukah sobat bahwa ada telur ayam yang memang memiliki keistimewaan? Telur tersebut berasal dari ayam yang sama namun memiliki manfaat yang banyak sekali, bagi yang belum tahu namanya, telur tersebut bernama telur omega. Jadi apa itu telur omega?

Apa Itu Sebenarnya Telur Omega

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Aroma Medan

source: unsplash/Alessandro Russo

Telur omega merupakan telur yang sama-sama dihasilkan dari ayam petelur, namun jika digali lebih dalam tentang telur ini, maka akan ditemukan kelebihan dari telur omega, salah satunya adalah kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan telur ayam biasa. Karena memang adanya perbedaan ketika melakukan pemeliharaan ayam petelur, sehingga menghasilkan telur terbaik ketika dipanen, hal yang mudah dilihat adalah dari sisi fisik dan isian telur.

Contoh kandungan yang terdapat pada telur omega 3 adalah ALA dan DHA yang berfungsi untuk merawat kesehatan, ini jauh lebih tinggi terdapat pada telur omega 3. Omega-3 sendiri merupakan salah satu jenis asam lemak tidak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA) yang sifatnya esensial atau tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan.

Manfaat dari Telur Omega

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Manfaatnya

source: unsplash/Paige Cody

Karena telur omega memiliki banyak kandungan di dalamnya, maka dipastikan dari setiap kandungan tersebut terdapat manfaat yang begitu besar. Sesuai namanya, telur tersebut memiliki kandungan omega didalamnya dan lebih tepatnya adalah omega 3. Jika Sobat Aroma belum tau, omega 3 merupakan asam lemak yang baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Menurut penelitian, kekurangan asam lemak bisa menyebabkan masalah pada kulit seperti bersisi dan kering.

Telur omega memiliki manfaat lain yang jauh lebih besar, salah satunya pada kesehatan otak. Hal ini cocok untuk yang dalam masa perkembangan yaitu anak-anak, kandungan pada telur omega yang mampu memelihara kesehatan otak dapat mencerdaskan si kecil, hingga secara tidak langsung menjaganya dari resiko gangguan mental seperti kecemasan berlebih.

Manfaat telur omega sangat terasa pada kulit, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang yang kekurangan omega 3 akan merasakan kulit kering ataupun bersisik. Karena memang berhubungan dengan kulit, maka bagian mata termasuk yang memiliki dampak langsung dari omega 3. Nutrisi yang cukup dari omega 3 dalam masa perkembangan akan mampu untuk membentuk struktur lemak utama untuk retina mata, sehingga disarankan agar memiliki nutrisi DHA yang cukup ketika masa perkembangan terutama anak-anak.

Omega 3 memiliki sifat anti kanker, sehingga mampu menghambat proses perkembangan kanker di dalam tubuh. Karena penyakit tersebut mudah menyerang siapa saja, maka telur omega cocok dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena kanker. Ini merupakan salah satu pilihan bagi Sobat Aroma yang kurang menyukai ikan dengan omega 3 yang tinggi.

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa

Dari sisi manfaat memang banyak yang bisa didapatkan dari telur omega, namun perlu diketahui juga tentang perbedaan dari telur omega dibandingkan telur ayam lainnya, agar tidak keliru ketika membelinya. Berikut perbedaan telur omega dengan telur ayam biasa yang bisa Sobat Aroma ketahui:

1. Pemeliharaan Ayam Penghasil Telur

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Peternakan Ayam

source: unsplash/Brett Jordan

Dari sisi nutrisi telur omega memang lebih baik, namun ternyata ayam yang digunakan sebagai penghasil telur sama dengan ayam pada umumnya. Perbedaan terletak dari sisi perawatan dari ayam tersebut, pada umumnya ayam selalu diberi makan dengan makanan pabrik atau pelet. Ini merupakan salah satu hal yang membedakan dari pembentukan kualitas telur tersebut, selain itu dari sisi tempat pun tidak kalah berbeda.

Ternak ayam biasa umumnya mengedepankan lahan, sehingga semakin banyak menampung ayam maka semakin baik, dan hal ini berbeda dengan ayam penghasil telur omega yang di mana memiliki kandang yang lebih luas serta adanya akses untuk eksplorasi alam bebas, ini menjadikan ayam tersebut bebas dari stres. Terakhir adalah tidak diberikannya antibiotik pada ayam petelur omega, sehingga ini mampu untuk meningkatkan kualitas telur.

2. Warna Telur Omega

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Telur Ceplok

source: unsplash/Önder Örtel

Perbedaan telur omega dan telur biasa selanjutnya adalah dari isi telur dapat terlihat jelas, telur biasa memiliki warna kuning yang sering ditemukan pada telur ayam pada umumnya. Bisanya telur yang biasa didapatkan berwarna kuning cerah pada isinya, berbeda dengan telur omega yang memiliki warna lebih ke jingga. Warna yang lebih pekat dari telur ayam omega dikarenakan kandungan omega 3 pada telur tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur rata-rata pada umumnya, sehingga hal tersebut berpengaruh pada warna isi telur.

3. Harga Telur Omega

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Harga

source: unsplash/Angèle Kamp

Melihat kandungan dari telur omega 3 yang lebih unggul dari telur biasa, tidak heran jika harganya dibanderol juga lebih mahal. Harga telur ini bisa tiga kali lipat lebih mahal dari telur ayam biasa di pasaran.

Melihat dari pemeliharaannya yang begitu berbeda dengan ayam biasa dan butuh usaha lebih dalam menghasilkan telur omega, maka tidak heran jika harga dari telur ayam ini lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam biasa.

Perbandingan harga antara telur ayam omega dengan telur ayam biasa sekitar 3 kali lipat dibandingkan dengan telur ayam biasa. Ini sebanding dengan manfaat yang diperoleh dari telur tersebut.

4. Kandungan Kolesterol

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Kadar Kolesterol

source: unsplash/SHOT

Kandungan yang lebih rendah dari telur ayam biasa merupakan salah satu keunggulan dari telur omega, telur omega memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah 50% dibandingkan dengan telur biasa.

Hanya sekitar 150 mg kolesterol pada telur omega, ini berbeda dengan telur biasa yang terdapat sekitar 300 mg. Rendahnya kadar kolesterol pada telur ayam omega bisa menjadikan pilihan bagi Sobat Aroma yang sedang mengurangi konsumsi kolesterol dari makanan, batas kolesterol yang aman bagi seseorang dengan kesehatan normal adalah maksimal 300 mg per hari.

Dari hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa telur omega bisa dijadikan pilihan untuk sumber protein dengan kadar kolesterol rendah selain dari susu, daging sapi, gandum, kacang, dan keju.

5. Fisik

Perbedaan Telur Omega dan Telur Biasa Fisik

source: unsplash/Nick Fewings

Secara fisik telur omega dan telur ayam biasa hampir sama, namun yang membedakan adalah ketebalan dan kepadatan cangkang. Telur omega memiliki cangkang yang lebih tebal dibandingkan dengan telur ayam biasa, selain itu tidak mudah rapuh. Maka itu merupakan salah satu cara membedakan telur omega dari luar.

Bagaimana Sobat Aroma, sekarang sudah jelas kan tentang telur omega dan manfaatnya? Dari semua keunggulan yang terdapat pada telur omega, mana yang Sobat Aroma baru ketahui? Setelah ini mungkin Sobat Aroma bisa menjadikan telur omega sebagai pilihan untuk sumber protein yang aman dari kolesterol.

Untuk mendapatkan informasi selain perbedaan telur omega dan telur biasa, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store) untuk mendapatkan informasi tentang produk Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 2

Belum ada rating, segera rating artikel ini