Durian Sudah Dibuka Tapi Belum Matang, Begini Cara Mematangkannya!

963 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
4.7
(19)

Durian sudah dibuka tapi belum matang – Mungkin kamu pernah membeli durian secara tidak sengaja mendapatkan isinya masih belum matang, dan setelah itu kebingungan untuk kemanakan durian tersebut.

Sebagian orang ada yang menyimpannya dan berharap bisa matang secara sendirinya, dan ini memang benar salah satu cara agar durian matang. Sebagian lagi ada yang membuangnya karena terlalu lama untuk menunggu durian matang, dan terakhir ada yang tanpa pikir panjang tetap memakannya walaupun itu mentah.

Sebenarnya lebih baik menunggunya untuk matang, namun tergantung situasi dan kondisi ketika akan memakannya. Jadi apakah durian yang sudah dibuka bisa matang? Jika memilih untuk mematangkannya, maka ada beberapa cara yang bisa Sobat Aroma coba untuk hal tersebut. Berikut merupakan cara untuk mematangkan durian yang mudah untuk dilakukan.

Berapa Lama Durian Matang?

Berapa Lama Durian Matang

Source: Freepik

Sebelum ke pembahasan mengenai cara mematangkan durian yang belum dibuka, perlu diketahui mengenai berapa lama durian itu matang secara alami.

Ini penting karena proses pematangan mempengaruhi cara penanganan selanjutnya. Durian yang belum matang sempurna membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan durian yang sudah terlalu matang. Yuk simak penjelasannya!

Memahami Proses Pematangan Durian

Durian yang belum matang memiliki rasa yang pahit dan keras. Proses pematangan durian secara alami membutuhkan waktu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  • Jenis durian: Jenis durian tertentu memiliki waktu pematangan yang berbeda-beda. Durian montong, misalnya, membutuhkan waktu sekitar 4-5 hari untuk matang, sedangkan durian musang king bisa mencapai 7-10 hari.
  • Suhu lingkungan: Suhu hangat mempercepat proses pematangan, sedangkan suhu dingin memperlambatnya.
  • Tingkat kematangan saat dipanen: Durian yang dipanen saat belum matang sempurna membutuhkan waktu lebih lama untuk matang dibandingkan durian yang sudah matang di pohon.

Mempercepat Pematangan Durian

Jika Sobat Aroma ingin durian matang lebih cepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Menyimpan durian di tempat hangat: Suhu ideal untuk mematangkan durian adalah sekitar 25-30 derajat Celcius. Anda bisa menyimpannya di dekat jendela yang terkena sinar matahari atau di dalam ruangan dengan pemanas.
  • Membungkus durian dengan kertas: Bungkus durian dengan kertas koran atau kertas nasi untuk memerangkap gas etilen yang dihasilkan oleh durian selama proses pematangan. Gas ini membantu mempercepat pematangan.
  • Menyimpan durian bersama buah lain: Buah-buahan lain seperti apel dan pisang menghasilkan gas etilen yang dapat membantu mematangkan durian. Simpan durian bersama buah-buahan tersebut dalam wadah tertutup.

Perkiraan Waktu Pematangan Durian

Berikut adalah perkiraan waktu pematangan durian berdasarkan jenisnya:

  • Durian montong: 4-5 hari
  • Durian musang king: 7-10 hari
  • Durian petruk: 3-4 hari
  • Durian otong: 5-7 hari

Tips Menentukan Durian Matang

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan apakah durian sudah matang:

  • Aroma: Durian matang memiliki aroma yang kuat dan khas.
  • Bunyi: Saat diketuk, durian matang akan menghasilkan bunyi “nyaring”.
  • Tangkai: Tangkai durian matang akan mudah patah.
  • Tekstur: Durian matang terasa lunak saat ditekan dengan jari.

Waktu pematangan durian tergantung pada jenis durian, suhu lingkungan, dan tingkat kematangan saat dipanen. Sobat Aroma dapat mempercepat pematangan durian dengan menyimpannya di tempat hangat, membungkusnya dengan kertas, atau menyimpannya bersama buah lain.

Bagaimana caranya supaya durian cepat matang?

1. Merendam Durian di Dalam Beras

rice grains with measuring scoop in container

source: unsplash/Matthew Lakeland

Cara ini bisa dilakukan di rumah dan mudah dilakukan, yaitu dengan memasukkannya ke dalam wadah beras. Sebetulnya cara ini tidak hanya berlaku untuk durian saja, namun semua buah yang ingin dipercepat proses pematangannya. Kalau belum tahu mengapa menggunakan beras, karena beras merupakan bahan alami untuk mematangkan buah.

Sobat Aroma hanya perlu memasukan buah kedalam wadah berisi beras yang banyak, namun sebelum itu pastikan dulu kulit durian sudah dibersihkan, hal ini dimaksudkan agar beras yang ada tidak kotor atau terkena getah maupun air dari durian.

Pastikan seluruh buah tertutupi oleh beras, agar buah durian matang dengan merata. Jika beras yang dimiliki kurang mencukupi, gunakan wadah yang memiliki dimensi hampir sama dengan ukuran durian, sehingga ketika ditambahkan beras akan menutupi secara keseluruhan.

Umumnya untuk mematangkan durian sekitar 1×24 jam, dan ini tergantung dari kematangan buah sebelum masuk ke wadah beras. Namun Sobat Aroma bisa mengecek setiap harinya, karena kematangan yang diinginkan setiap orang berbeda-beda.

2. Menyimpan Durian pada Wadah

Jual box plastik besar Harga Terbaik & Termurah September 2022 | Shopee Indonesia

source: Shopee

Pada dasarnya buah dapat matang karena bersentuhan langsung dengan udara terbuka dan panas secara terus-menerus ketika sudah terpisah dari pohonnya. Jadi beberapa buah bisa dilakukan pematangan menggunakan cara tersebut, termasuk durian.

Ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan oleh Sobat Aroma bilamana tidak terdapat beras seperti cara nomor 1. Memasukan durian pada wadah kedap udara menjadi pilihan yang bisa Sobat Aroma coba, pasalnya suhu panas dan karbon dioksida dapat mempercepat proses pematangan.

Pastikan wadah untuk pematangan durian memiliki suhu yang agak hangat dan mampu menyimpan panas, semakin lama wadah mampu menyimpan panas, maka itu semakin baik. Wadah tidak harus panas, tetapi mampu mempertahankan panas saja.

Umumnya buah durian akan mulai matang jika disimpan pada wadah kedap udara selama 24 jam, namun itu tergantung dari jenis durian dan kematangan ketika memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Sobat Aroma bisa mengecek setiap harinya, jika sudah tercium harum ketika wadah dibuka, maka itu menandakan buah durian sudah matang atau memasuki kematangan.

3. Disimpan di Udara Terbuka

green round fruit on brown concrete surface

source: unsplash/Spencer Wing

Ini cara paling mudah jika Sobat Aroma tidak ada waktu melakukan pilihan diatas, cukup menyimpan buah durian di tempat terbuka, maka secara alami buah durian akan mengalami proses pematangan. Namun memang untuk cara ini memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara sebelumnya. Setiap durian memiliki kecepatan pematangan yang berbeda-beda, ada yang sekitar empat hari sudah matang dan ada yang tujuh hari baru matang. Umumnya buah durian matang ketika disimpan di udara terbuka sekitar 5 hari setelah diambil dari pohon.

Cara ini berlaku untuk durian yang belum dibuka sama sekali dani juga perlu diperhatikan dari sisi ruangan yang digunakan untuk menyimpan durian, pastikan ruangan bersih, kering, dan tidak berdekatan dengan sampah organik. Hal tersebut karena bisa menyebabkan buah durian menjadi sarang larva dari lalat maupun serangga lainnya.

Itulah tiga cara mematangkan buah durian secara mandiri, jadi Sobat Aroma tidak perlu panik lagi ketika tidak sengaja mendapat buah durian yang belum matang ketika membelinya. Lakukan cara diatas untuk mendapatkan kematangan dari buah durian, semakin Sobat Aroma menyimpan durian di tempat yang hangat dan kering maka durian akan cepat dalam pematangannya.

Bagaimana Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka?

Setelah mengetahui cara mematangkan durian yang terbuka dan waktu yang diperlukan untuk buah durian matang. Maka, kalian perlu mengetahui cara penyimpanan jika durian yang sudah dibuka tidak habis.

Baca Juga : Sebaiknya Begini Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka

Bagaimana jika durian yang sudah dibuka tidak langsung dihabiskan? Tenang, ada beberapa cara untuk menyimpannya agar tetap segar dan tahan lama. Berikut 5 cara menyimpan durian yang sudah dibuka yang bisa kamu ikuti:

1. Suhu Ideal

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka dengan Menjaga Suhu tetap 13-15 Celcius

Source: Freepik

Simpan durian di tempat yang sejuk dengan suhu ideal antara 13-15 derajat Celcius. Suhu ini membantu memperlambat proses pematangan dan memperpanjang usia simpan buah. Kulkas menjadi pilihan tepat untuk menjaga suhu ideal durian.

2. Kelembapan yang Pas

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka dengan Pelembab Udara

Source: Pinterest

Jaga tingkat kelembapan di sekitar durian sekitar 80-90%. Gunakan pelembap udara atau letakkan nampan berisi air di dekat durian untuk menjaga kelembapannya.

3. Simpan di Wadah Kedap Udara

Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka dengan menyimpan di wadah kedap udara

Source: Pinterest

Menyimpannya dalam wadah kedap udara bukan hanya menjaga aromanya agar tidak menyebar, tapi juga melindungi durian dari kontaminasi bakteri dan jamur. Pilih wadah plastik bebas BPA atau kaca dengan segel kedap udara untuk menjaga kualitas durian.

4. Pisahkan Daging Buah dari Biji

Pisahkan daging durian dari bijinya sebelum disimpan. Daging buah durian yang menempel pada biji akan lebih cepat matang dan berbau. Pisahkan dengan hati-hati agar daging buah tidak rusak.

5. Simpan di Freezer

Simpan daging durian dalam wadah kedap udara dan bekukan dalam freezer. Pastikan untuk mencairkannya secara perlahan di kulkas sebelum dinikmati kembali.

Cara menyimpan durian setelah dibuka, mudah diikuti bukan? Jadi, Sobat Aroma tidak perlu khawatir lagi menyimpan durian yang sudah terlanjur di buka dan tidak habis. Selamat mencoba!

Menyimpan durian yang sudah dibuka tidak serumit yang dibayangkan. Dengan mengikuti 5 tips di atas, Anda dapat menikmati durian segar dan lezat kapanpun Anda mau. Selamat mencoba!

Jika Sobat Aroma ingin mendapatkan olahan durian premium seperti Pancake Durian dan Es Krim durian, maka bisa kunjungi website resmi kami di Aroma Medan, atau bisa kunjungi cafe kami di Pantai Indah Kapuk dengan lokasi di Golf Island, Jalan Pantai Indah Kapuk Blok L No.27.

 

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 4.7 / 5. Jumlah Vote: 19

Belum ada rating, segera rating artikel ini