Durian Masmuar: 5 Fakta Menarik yang Belum Kamu Ketahui

96 views  -  author: Adienda Al Gifani
Durian Masmuar: 5 Fakta Menarik yang Belum Kamu Ketahui
0
(0)

Durian Masmuar – Durian sebagai buah yang populer dengan rasa yang unik dan juga premium memiliki berbagai macam jenis. Salah satu varietas yang sedang naik daun adalah Durian Masmuar. Namun, dibalik popularitasnya, ada banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh pecinta durian.

Apa saja yang membuat Durian Masmuar begitu istimewa? Dalam artikel ini, kita akan mengupas lima fakta menarik tentang Durian Masmuar yang akan membuatmu semakin penasaran dan ingin mencobanya.

1. Asal Usul dan Nama

Source: Unsplash

Durian Masmuar berasal dari daerah Muar, Johor, Malaysia. Nama “Masmuar” berasal dari warna daging buah yang kuning tua seperti emas, yang disebut “mas” dalam bahasa Malaysia. 

Jenis durian ini diperkenalkan oleh pemerintah Malaysia pada tahun 1989 dengan kode pendaftaran D-168. Serta di Malaysia terkenal dengan nama durian Hajah Hamsah.

2. Bentuk dan Ukuran

Source: Shopee/ Durian Si Babe

Durian Masmuar memiliki bentuk buah yang bulat dan berukuran relatif kecil jika dibandingkan dengan durian lainnya. Berat rata-rata durian Masmuar adalah 1,5 kg – 3 kg per buahnya. 

Tinggi pohon durian Masmuar relatif lebih rendah, hanya mencapai 5-10 meter, membuatnya lebih mudah untuk ditanam di rumah atau di kebun.

3. Rasa dan Tekstur

Source: Shopee/ Durian Si Babe

Durian Masmuar memiliki rasa yang manis dan sedikit pahit. Daging buahnya berwarna kuning pekat dengan ketebalan daging mencapai 1–2 cm. Teksturnya sangat lembut, daging tidak terlalu tebal dan rasanya tidak terlalu kompleks hanya manis. 

Keunggulan lain adalah tinggi pohon durian Masmuar yang relatif lebih rendah, membuatnya lebih mudah untuk ditanam di rumah atau di kebun.

4. Cara Menanam dan Merawat

Source: Pexels

Menanam durian Masmuar tidak berbeda jauh dengan tumbuhan lainnya.

  • Pertama, siapkan media tanam yang baik dan benar. 
  • Kemudian, buka polybag secara perlahan agar tidak merusak akar.
  • Bersihkan sebagian tanah dalam polybag, jangan sampai habis.
  • Lanjutkan setiap 4 bulan sekali sampai usia pohon durian 3 tahun dengan pupuk NPK. Dengan begitu, pohon durian pendek berbuah lebat.

5. Manfaat dan Keterjangkauan

Source: Freepik

Durian Masmuar memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain mengontrol tekanan darah, mencegah nyeri sendi hingga menjaga jantung tetap sehat. Saking populernya buah yang satu ini, tak sedikit yang menanamnya di pekarangan rumah. 

Namun, ukuran pohon durian tergolong cukup tinggi sehingga membutuhkan luas areal tanam yang memadai. Bagi para pecinta durian yang ingin membeli bibit durian Masmuar untuk ditanam sendiri, kini tidak perlu repot dan pergi jauh ke Malaysia untuk mendapatkannya.

Durian Masmuar dengan ciri-ciri fisik yang unik dan rasa yang manis dan sedikit pahit, durian Masmuar banyak diburu oleh para pecinta durian. Cara menanam dan merawat durian Masmuar tidak berbeda jauh dengan tumbuhan lainnya, dan memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, durian Masmuar sangat layak untuk ditanam dan dinikmati. Dapatkan informasi menarik dan terupdate lainnya mengenai durian di website aroma medan, atau coba cita rasa unik olahan durian asli Medan di Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini