Fakta dan Mitos Buah Durian yang Belum Kamu Tahu!

163 views  -  author: Aroma Medan
mitos buah durian - Aroma Medan
5
(1)

Sobat Aroma sudah tidak asing lagi kan dengan buah durian? Selain banyak peminatnya hingga menjadikan buah tersebut memiliki berbagai macam olahan, buah ini memiliki mitos yang selalu beredar hingga saat ini. Meskipun hanya sekedar mitos, kepercayaan orang terhadap hal tersebut begitu tinggi. Nah, biar Sobat Aroma mengetahui secara menyeluruh tentang buah ini, yuk cek mitos buah durian dan faktanya di bawah ini.

Fakta Buah Durian

mitos buah durian - Aroma Medan

source: Jim Teo on Unsplash

1. Buah Durian Tidak Menaikan Kadar Kolesterol

Sampai saat ini banyak yang menganggap tentang kolesterol yang kurang baik terkandung dalam durian. Nyatanya, buah durian sendiri sama seperti buah pada umumnya, dimana tidak mengandung kolesterol.

Dalam buah durian sendiri terkandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin B, lalu kalium, dan zat besi. Daging buah durian memiliki kalori yang tinggi, tetapi perlu diperhatikan untuk penderita diabetes ataupun gula darah, dikarenakan mengandung gula sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada buah durian dapat menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular. Jika sebelumnya adalah keunggulan dari kalium pada buah durian, maka ini adalah kandungan lain yang tidak kalah baik yaitu serat dan lemak tak jenuh, merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mencegah Nyeri Sendi

Salah satu penyebab penyakit nyeri sendi adalah kekurangan vitamin C, cara terbaik untuk mendapatkan vitamin C adalah melalui makanan dan ini terkandung pada buah durian. Sekitar 48 gram vitamin C terdapat pada buah durian, maka buah ini cocok untuk dijadikan salah satu pencegah penyakit nyeri sendi.

4. Mencegah Kekurangan Gizi

Semakin berumur seseorang, maka akan semakin menurun penyerapan makanan, sehingga hal itu menyebabkan kerentanan pada gizi. Keterbatasan pada akses makanan lainnya menjadikan pilihan semakin sempit, sehingga memperburuk keadaan dalam memenuhi gizi. Buah durian memiliki zat gizi makro dan mikro, yang mana bisa membantu dalam memenuhi asupan nutrisi.

Baca Juga: Piknik ke Pasir Putih PIK 2 Jangan Lupa Bawa Ini!

Mitos Buah Durian

mitos buah durian - Aroma Medan

Mufid Majnun on Unsplash

1. Minum Air dari Kulit Durian agar Tidak Mabuk

Sebagian orang percaya bahwa jika mengkonsumsi durian secara berlebihan akan menyebabkan mabuk durian, hal itu dapat diatasi dengan meminum air mineral yang dituangkan pada kulit dalam durian. Hal itu tidaklah sepenuhnya salah, karena yang yang sebetulnya netralisir kadar dari durian adalah air mineral tersebut. Jadi meskipun tidak menuangkannya pada kulit durian, air mineral tetap ampuh dalam menetrelkan efek panas yang ditimbulkan setelah memakan durian. Sehingga itu menjadikan pendapat tersebut adalah mitos buah durian juga.

2. Minum Soda Setelah Makan Durian Bisa Mematikan

Informasi lain yang biasa terdengar tentang durian adalah jika meminum soda setelah memakan durian akan menyebabkan kematian mendadak, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa meminum soda setelah makan durian akan menyebabkan kematian mendadak, bisa dipastikan itu merupakan mitos buah durian. Namun meskipun itu mitos buah durian, alangkah baiknya tidak meminum soda setelah memakan durian karena ada kondisi dimana perut menjadi tidak nyaman akibat tingginya gas yang ada didalam lambung.

3. Manggis Menangkal Sifat Panas Durian

Selain meminum air mineral dari kulit dalam buah durian, ada juga anjuran untuk memakan buah manggis setelah mengkonsumsi buah durian, dengan tujuan mengurangi efek panas setelah mengkonsumsi buah tersebut.

Tetapi hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mampu membenarkan hal tersebut. Mengkonsumsi buah tersebut secara bersamaan hanyalah sebuah kebetulan yang menjadi sugesti saja. Bisa dipastikan untuk anggapan tersebut merupakan mitos buah durian belaka, namun tidak ada salahnya juga mengkonsumsi kedua buah tersebut secara bersamaan karena keduanya mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dapat memulihkan kondisi tubuh.

Jadi itulah fakta dan mitos buah durian, Sobat Aroma tidak perlu khawatir lagi tentang hal-hal tersebut. Pastinya jika kita bijak dalam mengkonsumsi buah durian, maka akan terhindar dari semua kemungkinan buruk setelah mengkonsumsi buah tersebut. Jika Sobat Aroma menginginkan olahan durian premium terbaik, maka bisa cek di pancake durian Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini