Seluk Beluk Durian Black Thorn, Buah Sultan dari Malaysia

627 views  -  author: Aroma Medan
5
(1)

Durian Black Thorn – Sampai saat ini buah durian memiliki penggemar yang begitu banyak, tidak hanya di Indonesia saja yang menyukai buah tersebut. Lebih dari itu, buah durian kini memiliki banyak penggemar di mancanegara. Buah durian menjadi komoditas buah-buahan terkenal di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Pada daerah tersebut buah durian tumbuh menjadi beraneka ragam jenis varian karena memiliki banyak sumber sehingga bisa dikombinasikan.

Durian Black Thorn

Durian Black Thorn - Aroma Medan

source: yearofthedurian.com

Durian musang king adalah salah satu durian andalan yang paling terkenal, namun sekarang ini ada buah durian yang datang untuk menjadi pesaing dari durian tersebut, yaitu durian black thorn. Durian black thorn ini disebut-sebut sebagai raja durian dikarenakan memiliki rasa yang lebih baik dari durian lainnya, disamping itu tingginya harga dari buah durian menjadikannya layak menyandang gelar tersebut.

Memiliki warna kulit yang lebih gelap dan duri lebih kecil dibandingkan durian lainnya, sedangkan isi daging durian memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur yang lembut dan creamy. Jika pertama membelah durian tersebut, maka akan ada aroma yang harum. Awal mencicipi durian ini akan mendapatkan rasa yang begitu manis dan ada sedikit pahit.

Bila dibandingkan dengan durian musang king, maka akan terlihat perbedaannya dari sisi fisik. Daging buah dari durian black thorn begitu besar, sehingga ketika dibelah akan terlihat seluruh dagingnya memadati bagian dalam buah. Teksturnya sendiri sudah dipastikan berbeda dengan durian pesaingnya, yang mana memiliki tekstur lebih halus dan juga tanpa serat. Jadi bisa dibayangkan betapa creamy nya durian tersebut.

Asal Usul Durian Black Thorn

Durian Black Thorn 2- Aroma Medan

source: malaymail.com

Sayangnya budidaya durian ini belum terlalu melimpah di Indonesia, karena memang usul punya usul bahwa durian tersebut berasal dari Malaysia dan lebih tepatnya adalah Sungai Bakap, Penang. Negara tersebut dikenal sebagai penghasil durian terbanyak di dunia, sehingga tidak heran jika mencari jenis durian apapun akan terdapat di sana. Mayoritas penduduknya menyukai buah durian ini, hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa durian di negara tersebut begitu melimpah. Durian black thorn pun sengaja dikembangkan untuk menjadi salah satu durian yang bisa diunggulkan oleh negara Malaysia.

Baca Juga: Ternyata Ini Kandungan Buah Durian dan Manfaatnya yang Bisa Didapat!

Budidaya Durian Black Thorn

Durian Black Thorn 3- Aroma Medan

source: vkeong.com

Jika Sobat Aroma ingin membudidaya durian ini, maka perlu diperhatikan adalah dari sisi geografisnya yang mana diperlukan dataran tinggi sekitar 400-600 mdpl. Curah hujannya sendiri yang ideal untuk tanaman ini sekitar 1500-3500 mm/tahun dengan tanah lempung yang berpasir subur.

Pemeliharaan tanaman tersebut sama dengan jenis pohon durian lainnya, yang mana diperlukan pemberian pupuk sesuai dosis dan pemberian pestisida. Tanaman ini tergolong rentan karena mudah terkena penyakit kanker bercak dan mati pucuk. Meski begitu, dari sisi adaptasi bisa dibilang cukup tinggi, dikarenakan mampu bertahan pada situasi yang sangat kering. Masa panennya sekitar 3-4 tahun setelah melakukan penanaman, ini bisa dibilang memiliki standar yang sama dengan durian lainnya.

Itulah seluk beluk durian black thom yang terkenal mahal dan lezat. Mungkin saat ini bisa dibilang langka, tetapi jika ada kesempatan untuk mencicipinya maka lebih baik coba agar tidak penasaran. Jika ingin mendapatkan informasi mengenai olahan durian premium dan produk Aroma Medan maka bisa masuk ke website resmi kami di Aroma Medan.

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini