Ternyata Begini Cara Mengolah Daun Pandan untuk Kolesterol

102 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
cara mengolah daun pandan untuk kolesterol aroma medan
0
(0)

Cara Mengolah Daun Pandan untuk Kolesterol – Daun pandan memang sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran berbagai makanan, biasanya digunakan sebagai penambah aroma dan pewarna alami makanan. Tapi tahukah Sobat Aroma kalau daun pandan tidak hanya sebatas bahan tambahan makanan saja? Kandungan nutrisi yang ada pada daun pandan juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Free Foto stok gratis alam, alami, bahan Stock Photo

Cara Mengolah Daun Pandan untuk Kolesterol

Daun pandan merupakan tanaman berwarna hijau dan memiliki bentuk yang panjang dengan pinggiran runcing, selain itu ada aroma alami yang khas seperti bunga yang manis. Tentu saja tanaman ini bisa dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara mengolah daun pandan untuk kolesterol agar bisa dimanfaatkan khasiatnya? Cara paling umum yang dilakukan untuk mengolah daun pandan adalah dengan merebusnya, air rebusan daun pandan tersebut bisa langsung Sobat Aroma minum atau bisa juga digunakan untuk mencampur teh dan bahan makanan lainnya. Cara pengolahan daun pandan ini mudah saja,

  • Pertama Sobat Aroma hanya perlu menyiapkan daun pandan dan air
  • Cuci daun pandan hingga bersih, lalu buang bagian yang berwarna putih untuk menghindari rasa pahit pada air rebusan
  • Kemudian ikat daun pandan berbentuk simpul agar saat direbus, aroma dan sari-sarinya keluar
  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukan daun pandang yang sudah diikat tadi
  • Rebus daun pandan sekitar 5-10 menit sampai matang merata
  • Saring air rebusan tersebut dan biarkan 10 menit sampai dingin

Selain direbus, ada juga cara mengolah daun pandan untuk kolesterol dengan memotongnya kecil-kecil dan dijadikan sebagai tambahan penyedap rasa makanan. Selain itu, daun pandan juga dijadikan sebagai pasta, minyak esensial, dan tepung untuk membuat kue.

Baca Juga: Ini Ternyata Cara Mengolah Daun Pandan untuk Asam Urat

Manfaat Daun Pandan

Disamping cara mengolah daun pandan untuk kolesterol, ada manfaat yang bisa didapat. Meskipun perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam, tetap saja penelitian awal sudah menunjukan bahwa daun pandan memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, kandungan nutrisi yang ada dalam daun pandan cukup banyak, seperti protein, karbohidrat, serat, Vitamin A, B1, B2, B3, dan Vitamin C, ada juga kalsium, fosfor dan zat besi.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, maka tidak heran kalau banyak yang memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diantaranya:

1. Meredakan Nyeri Artritis

Artritis terjadi karena adanya peradangan pada jaringan tulang rawan, penyebab utamanya adalah infeksi dan penyakit tertentu. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini diantaranya sendi yang terasa nyeri dan kaku, terjadi pembengkakan, dan di area kulit dekat sendi muncul kemerahan. Sobat Aroma bisa mengobati rasa nyerinya dengan mengoleskan minyak ekstrak pandan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan juga ternyata memiliki kandungan karotenoid yang bermanfaat untuk mengurangi resiko berkembangnya penyakit aterosklerosis. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak yang ada pada dinding pembuluh darah, yang menyebabkan terjadi penyempitan arteri jantung. Jika dibiarkan saja, penyakit ini bisa bertambah parah bahkan bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Maka dari itu, Sobat Aroma perlu rajin mengonsumsi olahan daun pandan.

3. Menetralkan Racun

Saat Sobat Aroma mengonsumsi daun pandan terjadi detoksifikasi atau pelepasan racun, tubuh meresponnya dengan melepaskan racun dan juga kotoran yang ada dalam tubuh. Ada juga yang menjadikan daun pandan sebagai obat pencahar alami, sehingga pencernaan bisa lancar.

4. Obat Kulit Alami

Berbagai masalah kulit seperti luka bakar ringan, kulit yang terpapar sinar matahari, dan masalah lainnya bisa diatasi menggunakan daun pandan. Caranya adalah dengan mengeringkan kemudian menghancurkan daun pandan tersebut, lalu mengaplikasikannya pada kulit yang luka. Daun pandan memiliki kandungan asam tanat yang bertindak sebagai pendingin pada luka bakar ringan.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Penelitian mengenai manfaat daun pandan untuk mengendalikan kadar gula darah ini telah dilakukan pada 30 orang dewasa, hasilnya adalah dengan rutin meminum teh dari daun pandan, kadar gula dalam darah bisa berkurang.

6. Mengurangi Kolesterol dan Asam Urat

Selain beberapa manfaat tersebut, ternyata daun pandan juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengurangi kolesterol. Kandungan fenol yang ada di daun pandan sangat berguna untuk menghambat oksidasi LDL (Low Density Lipoprotein). ada juga kandungan di dalamnya yang bisa mengikat asam empedu pada usus dan membuangnya melalui feses.

Nah, itulah beberapa manfaat daun pandan yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apalagi dengan cara mengolah daun pandan yang mudah dan sederhana, membuat banyak masyarakat yang mengolahnya menjadi berbagai makanan lezat.

Untuk mendapatkan informasi lain, khususnya produk sarang burung walet dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini