Berikut Tentang dan Cara Budidaya Durian Montong

79 views  -  author: Aroma Medan
5
(1)

Cara budidaya durian montong – Durian merupakan buah yang diminati oleh berbagai kalangan, kabarnya bahwa penyuka durian terbesar berada di kawasan Asia. Di daerah Asia Tenggara, durian sangat dikenal di negara Thailand, Malaysia, bahkan Indonesia. Durian sendiri memiliki banyak varian, yang di mana masing-masing dari jenisnya memiliki keunikan pada bentuk, rasa, serta isi durian.

Si Raja Durian

Cara Budidaya Durian Montong - Raja Durian

source: unsplash/Gliezl Bancal

Salah satu durian yang dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia adalah durian montong, karena memiliki banyak kelebihan maka durian ini sering dijuluki sebagai Raja Durian. Memang dari segi isi dan bentuk dari durian montong lebih unggul dibanding durian lainnya. Memiliki daging yang begitu tebal serta rasa yang nikmat, dikarenakan manis dan sedikit pahit durian begitu terasa.

Menurut bobo.grid.id, bibit asli dari durian montong berasal dari Jawa Tengah. Hal tersebut dilihat dari indukan durian montong yang merupakan durian sukun. Asal dari durian sukun sendiri yaitu Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Dari situlah durian montong muncul yang merupakan hasil pengembangan Thailand dengan hasil import bibit indukan dari Indonesia.

Tinggi dari Pohon Durian Montong

Cara Budidaya Durian Montong - Pohon Durian

source: pexels/HONG SON

Umumnya durian montong memiliki tinggi pohon sekitar 6 meter, hampir sama dengan rata-rata tinggi pohon durian yang ada saat ini. Namun tinggi maksimalnya sendiri bisa mencapai sekitar 10 meter, dan tajuk dari pohon durian bisa selebar 2-4 meter.

Keunggulan Durian Montong

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa keunggulan dari durian montong tidak hanya dari ukurannya yang begitu besar jika dibanding dengan jenis durian lainnya, namun akan tetapi keunggulan lain dari durian montong adalah dari daging buahnya yang tebal.

Tidak sama dengan durian lain yang sama-sama tebal, meskipun durian montong memiliki daging yang tebal, namun dagingnya tetap memiliki kepadatan yang tinggi. Jika kepadatan berpengaruh pada tekstur, durian montong memiliki tekstur yang lembut meskipun dagingnya padat. Di sisi lain biji dari durian montong terbilang kecil dibandingkan dengan ukuran buah dan dagingnya.

Penyebab Durian Montong Mahal

Cara Budidaya Durian Montong - Penjual Durian

source: unsplash/Dave Weatherall

Melihat keunggulan durian montong yang disebutkan sebelumnya, menyebabkan harga dari durian tersebut menjadi tidak main-main. Jika dilihat di online market, durian montong memiliki harga sekitar 150.000 sampai 300.000 per buah. Jika Sobat Aroma bandingkan dengan durian lokal, maka akan terlihat sangat jauh dari segi harga. Meski begitu, peminat dari durian ini tidak pernah surut.

Cara Budidaya Durian Montong Secara Mandiri

Cara Budidaya Durian Montong - Daging Durian

source: unsplash/Isabel Casallas

Bagaimanapun juga, dari kelebihan yang ada di durian montong bisa berpeluang menguntungkan jika digarap serius. Nyatanya menanam pohon durian tidaklah begitu sulit, dan ketahui langkah-langkahnya jika Sobat Aroma ingin memulai menjadi petani durian. Berikut merupakan cara budidaya durian montong.

1. Pemilihan Benih

Ini merupakan tahap pertama cara budidaya durian montong. Sebelum menanam, pastikan mendapat benih durian yang unggul, untuk saat ini tidak sesulit dulu dalam mendapatkan benih durian montong yang unggul, kita cukup mencarinya melalui toko online dan pilih dengan rating serta ulasan terbaik agar sesuai dengan harapan.

Jika memilih dari durian montong langsung, pastikan memilih durian yang sudah tua dan hati-hati ketika memisahkan biji durian dengan dagingnya, jangan sampai cacat.terutama pada permukaanya.

2. Proses Pembenihan

Setelah melakukan pemisahan biji durian, maka selanjutnya melakukan pembenihan. Pembenihan bisa diawali dengan menyiapkan wadah untuk merendam biji durian yang telah dibersihkan sebelumnya. Selanjutnya rendam biji durian, dan buang untuk biji yang mengambang (tidak tenggelam). Tunggu beberapa hari hingga tunas muncul dari biji.

3. Penanaman Durian Montong

Langkah cara budidaya durian montong selanjutnya pilih tempat yang baik untuk menanam durian montong, jangan menanam di tempat yang sempit dan dekat dengan rumah, karena akar dari durian montong menjalar luas dan kuat hingga bisa merusak bangunan atau septictank.

Jika sudah menemukan tempat yang baik untuk menanam benih, maka hal pertama adalah melakukan penggemburan terlebih dahulu, dengan mencangkulnya dan menambahkan pupuk organik dan sekam dengan rasio 2:1. Pastikan tanah cukup basah, lakukan hal tersebut secara rutin. Menyiram tanah dua kali sehari dan pemupukan seminggu sekali.

4. Penanaman Bibit

Lihat tanah di sekitar tempat yang akan dijadikan tempat menanam benih, dan pastikan tidak ada rumput liar yang nantinya menghambat pertumbuhannya. Selanjutnya membuat lubang dan masukan benih ke dalamnya, tutup dengan tanah, pupuk, dan sekam yang sudah disiapkan, lalu siram tanah.

5. Perawatan Pohon

Cara budidaya durian montong yang terakhir adalah lakukan perawatan pohon secara rutin, dengan memberinya pupuk serta menyirami pohon. Pastikan tanah di sekitar pohon tidak kering, jika kering bisa mengatasinya dengan menyiram secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Ini berlaku untuk musim kemarau, jika saat musim hujan bisa menyiramnya sehari sekali. Ini merupakan hal terpenting dalam langkah cara budidaya durian montong.

Jika telah melewati waktu seminggu, maka kurangi pemupukan dan bisa melakukannya dua minggu sekali. Pastikan tidak terdapat rumput di sekitar daerah penanaman pohon.

Itu merupakan cara budidaya durian montong dari awal memilih benih hingga perawatan. Umumnya durian bisa dipanen ketika sudah berumur 4-5 tahun setelah penanaman tersebut, sehingga dibutuhkan kesabaran dalam penanamannya.

Untuk mendapatkan informasi selain seperti pancake durian, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini