9 Manfaat Kandungan dalam Daun Pandan untuk Kesehatan

603 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
kandungan daun pandan
5
(1)

Kandungan dalam daun pandan – Tanaman daun pandan, merupakan tanaman yang biasa digunakan untuk keperluan memasak karena aromanya yang begitu harum. Ternyata daun pandan memiliki manfaat yang bukan hanya pelengkap komposisi makanan, tetapi kandungan yang terdapat pada daun tersebut tidak kalah pentingnya. Untuk Sobat Aroma yang belum mengetahui manfaat yang terkandung dalam daun pandan, berikut beberapa isi kandungannya.

Kandungan dalam Daun Pandan

source: pexels/Kate Che

1. Potassium

Manfaat kandungan dalam daun pandan yang pertama adalah Potassium. Ada beberapa unsur yang bisa mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh salah satunya adalah potasium. Bagi yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi, zat antioksidan yang terkandung pada daun pandan dapat meredakan dan mengurangi dampak tersebut. Agar efek dari daun pandan terasa, Sobat Aroma bisa mengkonsumsinya setiap hari terutama untuk yang memiliki tekanan darah tinggi.

2. Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk sel dalam tubuh terutama adalah kesehatan mata serta sistem imun. Manfaat lain yang bisa didapat dari vitamin A adalah:

– Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Vitamin A merupakan nutrisi untuk perkembangan sperma dan juga sel telur, maka dari itu vitamin A bisa dibilang mampu untuk menjaga kesehatan serta kesuburan pria dan wanita.

– Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit

Vitamin A memiliki antioksidan yang mana bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Sehingga bisa dibilang manfaat kandungan dalam daun pandan bisa mengurangi berbagai resiko penyakit.

– Mendukung Perkembangan Janin

Salah satu yang mendukung tumbuh kembang janin adalah vitamin A. Disamping itu, ibu dari janin pun harus kuat dari sisi daya tahan tubuhnya. Maka asupan pada vitamin A haruslah tercukupi agar bisa menjaga kesehatan ibu dan janin.

3. Ekspektoran

Ekspektoran mampu membersihkan paru-paru dari zat asing yang memasuki saluran pernapasan. Sehingga dalam beberapa gejala penyakit pernapasan ringan, pandan bisa membantu untuk mencegahnya. Itu merupakan salah satu manfaat kandungan dalam daun pandan.

4. Zat Besi

Daun pandan sendiri memiliki zat besi yang secara umum berguna untuk meningkatkan konsentrasi. Hal itu karena zat besi bertugas dalam menjaga oksigen dan membawa oksigen kepada bagian otak dan otot. Sehingga dalam beberapa kasus, orang yang kekurangan zat besi akan merasakan lemas karena kurangnya stamina dan lambat berpikir.

– Meningkatkan Energi Tubuh

Zat besi memiliki peran untuk menyalurkan oksigen pada seluruh tubuh yang di mana digunakan untuk proses oksidasi. Jika seseorang kekurangan zat besi, maka akan berdampak pada energi yang mereka dapatkan dikarenakan proses oksidasi terhambat oleh kurangnya supply oksigen yang masuk. Hal lainnya yang terdampak dari kurangnya oksigen dalam tubuh adalah kurangnya konsentrasi, dan stamina.

– Meningkatkan Sistem Imun

Kekebalan tubuh terbentuk salah satunya dari peran zat besi, karena sel darah merah yang dihasilkan sangatlah penting dan berguna untuk memperbaiki jaringan sel. Hal itu disebabkan oleh hemoglobin yang ada dalam darah merah bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

– Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi yang kurang bisa dikarenakan salah satunya adalah karena kurangnya asupan zat besi. Jika zat tersebut turun kadarnya dalam tubuh, maka kemampuan berkonsentrasi akan berkurang. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen yang masuk ke otak berkurang, dan menyebabkan kurang optimalnya otak dalam bekerja. Secara tidak langsung, manfaat kandungan dalam daun pandan bisa meningkatkan konsentrasi.

5. Glikosida

Daun pandan yang telah diekstrak mampu untuk membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Glikosida merupakan zat yang mampu untuk menjaga metabolisme glukosa serta meningkatkan insulin. Cara pengolahan daun pandan untuk mengurangi gula darah adalah dengan menyeduhnya dan diminum setelah makan.

6. Antifungal

Jika Sobat Aroma memiliki dan terganggu dengan ketombe serta iritasi kulit kepala, maka diperlukan senyawa antifungal untuk mengurangi dan mencegah hal tersebut. Manfaat kandungan dalam daun pandan bisa mengatasinya, cara mengolah daun pandan untuk obat ketombe yaitu haluskan 10 hingga 12 lembar daun pandan dan campur dengan air hangat hingga mengental menjadi pasta. Setelah jadi, maka tinggal oleskan pada kulit kepala.

7. Alkaloid

Alkaloid merupakan zat yang bisa menenangkan tubuh, jadi misalkan Sobat Aroma memiliki gangguan tidur, maka bisa mencoba membuat teh daun pandan dan mencampurkan dengan madu.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Mengolah Daun Pandan untuk Kolesterol

8. Essential Oil

Manfaat lain yang bisa didapatkan ialah, mampu untuk meredakan stres. Daun pandan merupakan salah satu yang biasa dijadikan aromaterapi karena essential oil nya, sehingga bisa dipastikan bahwa manfaat kandungan dalam daun pandan tersebut mampu menenangkan stres.

– Mengatasi Stres dan Gelisah

Jenis minyak esensial yang berupa cairan yang dihirup dapat membantu dalam meringankan stres dan rasa gelisah. Yang saat ini sedang banyak dicari adalah minyak esensial yang penggunaanya dihirup, salah satunya diffuser.

– Meningkatkan Kualitas Tidur

Karena sifatnya yang membuat rileks, minyak esensial dapat memperbaiki kualitas tidur penggunanya. Saraf akan menjadi lebih tenang ketika tubuh menghirup minyak esensial, sehingga jika dipakai ketika akan tidur maka dipastikan kualitasnya akan naik dan menjadi lebih tenang saat tidur.

– Meringankan Peradangan

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait manfaat dari minyak esensial, salah satunya meringankan peradangan. Penelitian dilakukan hanya baru pada hewan, dalam prakteknya minyak esensial dikombinasikan dengan daun thyme dan oregano. Kombinasi tersebut berhasil meringankan peradangan, salah satunya peradangan pada usus. Manfaat kandungan dalam daun pandan yang satu ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

9. Zat Antiinflamasi

Pandan membantu dalam menyembuhkan nyeri sendi, otot, dan pembengkakan, dikarenakan kandungan antiinflamasi pada pandan mampu dalam mengobati luka luar. Sobat Aroma bisa mengoleskan daun pandan yang telah diolah menjadi pasta pada area yang sakit, hal ini bisa meringankan rasa sakit.

Jadi itulah manfaat kandungan dalam daun pandan, Sobat Aroma bisa mengolahnya untuk keperluan sehari-hari maupun mengobati tubuh. Selain itu kami memiliki satu olahan yang memiliki khasiat baik untuk tubuh, yaitu Bird Nest Rock Sugar Pandan. Kombinasi antara khasiat pandan dan sarang burung walet menjadikannya menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan informasi selain hanya kandungan dalam daun pandan, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store)

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini