Kenali 5 Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari

602 views  -  author: Aroma Medan
  • Edukasi
ketumbar bubuk aroma medan
0
(0)

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari – Siapa sangka ketumbar yang biasanya digunakan untuk keperluan dapur bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Bisa dibilang ketumbar adalah bahan yang murah. Untuk itu tidak ada orang yang memperhatikan khasiatnya. Padahal 1 sendok ketumbar yang direndam dapat memberikan sejuta manfaat. Air rendaman bahan ini bisa dijadikan sebagai obat herbal yang ampuh.

Kandungan dalam biji ketumbar sangatlah banyak, ada vitamin A, C, dan K. Tidak hanya itu ada zat besi, asam folat, magnesium, kalsium, dan potasium. Segala kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan tubuh Sobat Aroma. Lalu apa manfaat minum air ketumbar di pagi hari? Supaya lebih yakin mengenai manfaat ketumbar tersebut, simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari - Aroma Medan

source: pexel/Nataliya Vaitkevich

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari manfaat minum air ketumbar di pagi hari adalah menurunkan kadar kolesterol. Dalam larutan ketumbar terdapat antioksidan yang membantu untuk mengurangi kadar kolesterol. Tidak hanya itu, ketumbar juga bisa meningkatkan kesehatan jantung serta tekanan darah bisa turun.

Biji ketumbar sendiri memiliki sifat diuretik. Maksud dari sifat tersebut adalah mampu meluruhkan kencing. Lebih tepatnya, ketumbar bisa mengangkat zat beracun dan dikeluarkan melalui urine. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat minum air ketumbar di pagi hari.

2. Mampu Mendetoks Racun dalam Tubuh

Seperti penjelasan sebelumnya, di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam zat yang masuk. Bisa jadi zat tersebut tidak baik untuk perkembangan. Nah, gunanya air rendaman ketumbar yang diminum setiap pagi akan mendetoksifikasi. Detoks berarti proses menetralkan racun dalam tubuh.

Racun yang masuk melalui pancaran radikal bebas harus dihilangkan. Bila tidak, Sobat Aroma akan lebih mudah terserang penyakit. Makanya, banyak orang yang mengonsumsi air ketumbar untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap makanan yang masuk ke dalam mulut mengandung banyak zat kimia yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Jadi, proses detoks ini harus dilakukan secara rutin untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari Detox Racun- Aroma Medan

source: pexel/Vegan Liftz

3. Mengobati Radang Sendi dan Rematik

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari bisa mengurangi penyakit sendi dan rematik. Hal ini karena kandungan zat asam linoleat, dimana zat ini terkenal dengan sifatnya yang anti rematik. Nutrisi tersebut akan membantu untuk menyembuhkan sakit sendi. Bahkan, meredakan peradangan akibat rematik.

Baca Juga: Manfaat Sarang Burung Walet: 7 Khasiat untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari untuk Gula Darah- Aroma Medan

source: pexel/PhotoMIX Company

Manfaat air ketumbar yang lain adalah menurunkan gula darah. Untuk itu air rendaman ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Dalam air ketumbar terdapat serat yang cocok menurunkan gula darah.

Biji ketumbar yang diekstrak akan bersifat anti-hiperglikemik bisa juga disebut sebagai pelepasan insulin. Pergerakan dari insulin ini yang nantinya menstabilkan kadar glukosa. Jadi, kalau Sobat Aroma memiliki keluarga dengan riwayat diabetes. Ada baiknya memberikan minum untuk manfaat minum air ketumbar di pagi hari.

5. Mampu Melancarkan Pencernaan

Konstipasi atau kondisi susah buang besar sering dialami banyak orang. Kondisi ini terjadi karena saluran usus terlalu banyak menyerap cairan sehingga membuat feses kering dan susah dikeluarkan.

Dengan mengonsumsi air ketumbar bisa membantu peregangan usus dan mengobati iritasi pada saluran usus. Kandungan antioksidannya bisa melancarkan pencernaan. Setelah mengetahui segala manfaat minum air ketumbar di pagi hari. Lebih baiknya, Sobat Aroma juga mengetahui cara membuat ramuan ketumbar ini.

Cara Membuat Air Rendaman Ketumbar

Secara bahan, ketumbar sangat mudah ditemukan. Bahkan, setia dapur akan menggunakan biji ini. Untuk membuat rendaman air ketumbar perhatikan langkah di bawah ini.

  1. Siapkan bahan yaitu biji ketumbar sekitar 10 gram. Setelah itu tumbuk hingga halus. Bisa juga dihaluskan menggunakan alat.
  2. Selanjutnya, campur ketumbar yang sudah halus ke dalam air sebanyak 2 L. Campurkan kedua bahan tersebut hingga menyatu.
  3. Bila sudah, tolong diamkan campuran kedua bahan tersebu dalam semalam. Secara ukuran pembuatan air ini bisa sesuai dengan langkah ini.
  4. Langkah terakhir, saring air rendaman ketumbar. Jangan minum dengan ampasnya. Biji ketumbar yang sudah disaring harus dibuang.

Untuk manfaat yang signifikan, konsumsi air rendaman ini setiap pagi. Ada baiknya air rendaman dalam keadaan hangat akan lebih baik bagus lagi. Nah, itulah segala manfaat minum air ketumbar di pagi hari. Untuk mendapatkan informasi lain, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah Vote: 0

Belum ada rating, segera rating artikel ini