Durian Bukan Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

  • Edukasi

Manfaat Durian untuk Kesehatan – Durian memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mengontrol tekanan darah dan mencegah kanker, berkat kandungan karbohidrat, serat, dan berbagai mineral serta vitamin yang ada di dalamnya. Durian (Durio zibethinus L.) adalah salah satu jenis buah eksotis yang banyak ditemukan di wilayah tropis, termasuk Indonesia.

Dikatakan bahwa buah berduri ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Baik kamu makan durian langsung maupun membuatnya menjadi minuman atau makanan seperti jus, es krim, puding, atau kue, kamu dapat mendapatkan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Durian

Durian Bukan Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Durian memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram durian, terkandung 134 kalori dan berbagai nutrisi penting lainnya, seperti:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C (53 gram)
  • Karbohidrat (28 gram)
  • Protein (2,5 gram)
  • Serat (3,5 gram)
  • Kalsium (7 gram)
  • Fosfor (44 gram)
  • Natrium (1 gram)

Selain itu, durian juga mengandung antioksidan seperti quercetin, glutathione, caffeic acid, dan karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Durian untuk Kesehatan

Durian Bukan Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Durian memiliki banyak manfaat yang sayang dilewatkan, di antaranya:

1. Menambah Energi

Durian memiliki karbohidrat yang dapat membantu tubuh mendapatkan energi tambahan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tubuh mencerna makanan tinggi karbohidrat, seperti durian, dan mengubahnya menjadi glukosa. Kemudian, dengan bantuan insulin, glukosa diserap oleh sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam durian dapat membantu pencernaan dengan membantu pergerakan usus dan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Serat durian juga memiliki efek prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus, menjaga kesehatan usus.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Durian memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi dan mencegah radikal bebas merusak sel tubuh.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Durian mengandung kalium, yang membantu mengontrol tekanan darah dengan mengeluarkan natrium yang berlebihan dari tubuh. Kalium dalam durian juga memiliki kemampuan untuk merelaksasi dinding pembuluh darah, membuat peredaran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah Kanker

Durian diketahui memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker, terutama kanker payudara. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu perkembangan kanker.

Manfaat Tambahan Durian

Durian Bukan Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Selain beberapa jenis manfaat yang disebutkan di atas, durian diyakini juga dapat memberikan manfaat berikut:

  • Meningkatkan gairah seksual
  • Meredakan demam
  • Meredakan gejala penyakit liver
  • Meredakan gejala malaria
  • Mempercepat penyembuhan luka

Namun, penelitian klinis tentang manfaat durian masih sangat sedikit dan belum sepenuhnya pasti.

Peringatan dalam Konsumsi Durian

Wajib Tahu! Perbedaan Durian Matahari vs Musang King: Asal, Ciri Pohon, Daun dan Harga

Meskipun banyak manfaatnya, berhati-hatilah saat makan durian terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut, muntah, dan bahkan diare. Karena durian memiliki kadar gula yang tinggi, penderita diabetes harus menghindarinya. Selain itu, ibu menyusui dan ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Mengonsumsi buah durian bersamaan dengan alkohol tidak disarankan karena buah durian mengandung zat yang dapat menghambat enzim saluran cerna untuk mencerna alkohol. Konsumsi keduanya juga dapat menyebabkan muntah, sakit perut, dan jantung berdebar.

Durian memiliki banyak manfaat kesehatan yang signifikan jika dikonsumsi dengan tepat. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari durian, perhatikan berapa banyak yang kamu makan dan selalu konsultasikan dengan dokter mengenai nutrisi yang aman untuk kamu, terutama jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Ingin update terbaru menganai durian? Kunjungi website Aroma Medan dan dapatkan informasi durian terupdate. Dan kamu bisa mencoba produk olahan durian Medan premium di Aroma Medan, mulai dari pancake durian hingga eskrim durian yang siap kamu nikmati dengan mudah dan terjangkau.