7 Makanan Indonesia yang Mendunia

595 views  -  author: Aroma Medan
makanan indonesia
5
(1)

Makanan Indonesia – Indonesia memiliki beragam makanan yang berasal dari berbagai daerah. Makanan asli Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan nikmat, oleh karena itu banyak diminati oleh orang lokal dan juga mancanegara.

Bahkan, beberapa makanan Indonesia juga dapat ditemui di luar negeri, loh. Ingin tahu makanan Indonesia apa saja sudah dikenal luas hingga mancanegara? Berikut simak ulasannya di bawah ini.

1. Rendang

makanan indonesia rendang

Source: Unsplash/prananta haroun

Siapa yang tidak mengenal rendang? Makanan khas Padang yang berasal dari olahan daging sapi ini bahkan diakui sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Rendang memiliki rasa yang gurih dan kaya rempah.

Umumnya, rendang dimasak dalam waktu yang cukup lama, sehingga tekstur dagingnya empuk dan bumbu yang meresap secara sempurna. Rendang sudah cukup terkenal di berbagai negara, sehingga tidak begitu sulit untuk mencari rendang di restoran Indonesia di luar negeri.

2. Nasi Goreng

makanan indonesia nasi goreng

Source: unsplash/Laura Lanckriet

Nasi goreng juga menjadi salah satu makanan yang telah dikenal di dunia. Makanan ini cukup mudah dibuat, karena bahan-bahannya yang simpel, seperti nasi, telur, acar, dan bumbu dapur lainnya. Rasanya yang enak menjadikan makanan ini diminati banyak orang, termasuk mantan presiden AS Barack Obama.

Nasi goreng di Indonesia sendiri memiliki banyak versi, seperti nasi goreng jawa, nasi goreng seafood, nasi goreng jawa, nasi goreng ijo, dan lain sebagainya. Cocok disantap saat sedang sarapan atau juga makan malam.

3. Tempe

makanan indonesia tempe

Source: Unsplash/Keriliwi

Tempe juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Tidak jarang warga negara asing menyukai makanan ini, salah satunya William Mitchell yang berkebangsaan Inggris. Dia jatuh cinta pada tempe dan membuka usaha kuliner tempe di Inggris. Tak disangka usahanya pun hingga saat ini laris.

Tempe merupakan kedelai yang difermentasi. Makanan ini mengandung lebih banyak protein, serat, dan nutrisi. Tempe biasanya digoreng dan disajikan untuk menemani makan besar atau juga bisa sekadar camilan. Tempe juga dapat diolah menjadi makanan oleh-oleh, seperti tempe kering, keripik tempe, dan lain sebagainya.

4. Bakso

makanan indonesia bakso baso

Source: pexels/Kelvin Octa

Tidak hanya nasi goreng yang menjadi makanan Indonesia favorit Barack Obama, tetapi juga Bakso. Makanan satu ini sudah tidak asing lagi di beberapa negara, yang biasanya lebih dikenal dengan nama meatball atau bola daging.

Bakso terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dicampur dengan tepung dan beragam bumbu lainnya. Kemudian, dibentuk menjadi bulat dan direbus. Biasanya, bakso disajikan dengan kuah hangat, bihun, dan daun seledri. Tidak heran banyak orang yang menyukai makanan satu ini, karena rasanya yang nikmat.

Baca Juga: 8 Cafe di Kota Jakarta yang Cocok untuk Nongkrong

5. Sate Ayam

makanan indonesia sate

Source: Unsplash/Eka P. Amdela

Indonesia memiliki beragam jenis sate. Namun yang paling terkenal hingga mancanegara ialah sate ayam. Makanan ini dibuat dari daging ayam yang dipotong dadu berukuran kecil, kemudian ditusuk menggunakan lidi. Setelah itu, dibakar di atas bara api dan diberikan bumbu. Biasanya sate disajikan bersamaan dengan sambal kacang dan sambal kecap.

Seorang WNI bahkan mendirikan restoran yang menjual sate di Jepang tepatnya di Kota Beppu di Pulau Kyushu. Menu sate menjadi laris, bukan hanya oleh orang Indonesia, tetapi juga warga Jepang. Hal ini membuktikan bahwa rasa sate ayam memanglah tidak diragukan.

6. Gudeg

Makanan Indonesia Gudeg

Source: Traveloka

Gudeg merupakan makanan Indonesia yang berasal dari olahan nangka muda, lalu dimasak dengan gula palem dan santan. Biasanya gudeg sering kali ditemukan di Yogyakarta. Cita rasanya yang manis pedas ini, membuat makanan ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

Gudeg bahkan juga dapat ditemui di Melbourne, Australia tepatnya berada di kawasan Clayton Road. Terdapat Warung Gudeg yang menawarkan menu gudeg asli Indonesia.

7. Rawon

masakan indonesia rawon

source: cookpad

Makanan Indonesia khas Surabaya satu ini merupakan sup daging dengan kuahnya yang berwarna hitam. Kuahnya yang berwarna hitam ini, karena menggunakan bahan tambahan, yaitu kluwek. Tidak hanya warnanya yang unik, tetapi rawon memiliki cita rasa yang khas dan juga nikmat. Biasanya sering disajikan dengan tambahan tauge rebus, telur asin, jeruk nipis, dan sambal.

Itulah, makanan Indonesia yang mendunia. Apakah Sobat Aroma sudah mencoba semua makanan di atas? Jika belum semuanya, wajib untuk dicoba karena rasanya yang nikmat dan pastinya tidak akan menyesal.

Untuk mendapatkan informasi lain, khususnya produk dari Aroma Medan, maka bisa kunjungi website resmi kami di aromamedan.com dan juga mobile apps kami di ( Play Store dan App Store).

Seberapa Bermanfaat Artikel ini?

Klik bintang untuk memberi rating

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah Vote: 1

Belum ada rating, segera rating artikel ini